Sabtu, 16 Oktober 2021


Sabtu, 09 November 2019 15:59 WIB

3 Bulan Pasca Kemarau Panjang, Babinsa Suka Sari Ajak Petani Mulai Tanam Padi

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita Daerah

Penanaman padi di kelompok tani Pemancar / foto: Istimewa

Kajanglako.com, Sarolangun- Kemarau panjang yang melanda Provinsi Jambi membuat petani sawah di Sarolangun melakukan penundaan masa tanam cukup panjang. Setelah adanya tanda-tanda musim kemarau hampir usai, petani sawah kelompok Pemancar di Kelurahan Suka Sari Kecamatan Sarolangun kembali beraktifitas menanam padi. Kelompok tani menanam padi dalam satu pekan setelah menunda musim tanam hingga 3 bulan terakhir.

Kelompok tani sawah Pemancar termasuk kelompok tani yang pertama  melakukan  tanam benih padi di Kabupaten Sarolangun, di saat petani lainnya masih membajak sawah.



Yadi, petani sawah di Kelurahan Suka Sari menjelaskan sudah satu pekan terakhir melakukan penanaman benih padi tadah hujan. "Penanaman kita mulai sejak satu minggu terakhir bang dan sebelumnya kita tanam namun kekeringan," jelas Yadi, Sabtu (9/10).

Dengan menggunakan traktor dan manual yang dibantu Babinsa Suka Sari, Serda Aan Satria,  kelompok tani Pemancar merupakan petani yang perdana melakukan tanam padi di  Kabupaten Sarolangun pasca musim kemarau yang melanda Provinsi Jambi.

"Kita dibantu Babinsa dan perdana tanam dari yang lainnya," jelas Yadi.

Untuk mencukupi kebutuhan air, petani melakukan penyedotan air sungai menggunakan mesin pompa. "Kami padi tadah hujan dan dibantu air dengan mesin," ujarnya.

Serda Aan Satria Babinsa Suka Sari yang ikut membantu menanam padi mengatakan, petani di Suka Sari dalam binaannya telah mengajak petani lain untuk membajak sawah dan saat ini melakukan tanam untuk memenuhi indeks pertanaman (IP).

"Di tahun ini IP kita menurun karena musim kemarau panjang, untuk memenuhinya kita lakukan tanam lebih dulu dari yang lainnya," jelas Serda Aan Satria Babinsa Suka Sari. (Kjcom)


Tag : #Kemarau #Sarolangun



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah