Rabu, 22 September 2021


Kamis, 22 Agustus 2019 07:41 WIB

Sudah Terbakar, Lahan Tahura Tanjabtim Juga Digarap

Reporter : Igun
Kategori : Berita Daerah Hukrim Peristiwa

Kawasan Tahura terlihat baru digarap oknum / Foto: Gun

Sudah Terbakar, Lahan Tahura Tanjabtim Juga Digarap

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Timur - Kebakaran hutan telah memasuki kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) di Dusun Penghanyut Kelurahan Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hektaran hutan yang masuk kawasan TAHURA hangus akibat kebakaran.



Selain kebakaran, saat Tim Pemadam Kebakaran memasuki kawasan TAHURA, ternyata beberapa titik lokasi di kawasan TAHURA sudah digarap dan siap ditanam.

Tim Pemadam Kebakaran di kawasan TAHURA Tanjung Jabung Timur, Selasa (20/8), menemukan lahan TAHURA yang sudah bersih digarap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Lokasi ini dalam kondisi layaknya lahan perkebunan yang hendak ditanam.

Camat Berbak, Muhammad Yani, yang juga ikut serta dalam memadamkan api di lokasi TAHURA, saat dikonfirmasi  awak media, Rabu (21/8), membenarkan memang lahan di TAHURA ada yang digarap.

“Ya benar, di lokasi Taman Hutan Raya Dusun Penghanyut Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak  terlihat lokasi bersih selayaknya hutan yang akan ditanam. Selain itu berdiri pondok besar diduga tempat pelaku yang berusaha menggarap TAHURA,” ujarnya.

Yani mengatakan sangat menyayangkan ada oknum yang tidak bertanggung jawab menggarap Taman Hutan Raya. Pihaknya, kata Yani, akan berusaha mencari tahu siapa pelaku yang menggarap TAHURA tersebut.

Di kawasan yang sudah dibersihkan itu, kata dia, terdapat pondok yang waktu tim pemadam memasuki kawasan tersebut saat itu tidak ada penghuninya. Namun, kata dia, untuk menanyakan siapa yang menggarap lahan tersebut, pihaknya tidak bisa mengkonfirmasi karena tidak ada orang lain di lokasi selain tim pemadam kebakaran.

“Kita yakin bahwa pondok tersebut dihuni oleh pelaku penggarap lokasi, pasalnya ada peralatan masak di dalam pondok. Untuk itu kami akan cari siapa pemilik pondok,” ujarnya. (Kjcom)


Tag : #Kebakaran #Karhutla #Tahura #Tanjabtim



Berita Terbaru

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin


Kajanglako.com, Sarolangun – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sarolangun terus dilaksanakan. Baik dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri,

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 12:51 WIB

Bersama TNI, Pemkab Sarolangun Sasar Vaksinasi untuk Remaja Diatas 12 Tahun


Kajanglako.com, Sarolangun – TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun kembali melaksanakan vaksinasi gratis, Rabu, (21/09/2021). Kali ini, yang

 

Rabu, 22 September 2021 12:36 WIB

Pemkab Merangin Ingin Perangkat Desa Pahami Sistem Digitalisasi


Kajanglako.com, Merangin - Kapasitas dan kemampuan para perangkat desa harus terus ditingkatkan, terlebih untuk pemahaman sistem digitaliasi yang wajib

 

Perspektif
Minggu, 19 September 2021 22:27 WIB

Membaca Indonesia. Catatan Kecil Atas 50 Tahun Rekayasa Sosial: 5 Bias dan 5 Mitos


Oleh: Wahyu Prasetyawan* Riwanto Tirtosudarmo (selanjutnya Riwanto) dalam tulisannya membahas adanya 5 bias dan 5 mitos dalam proses rekayasa sosial selama

 

Sosok dan Pemikiran
Minggu, 19 September 2021 08:00 WIB

Ketangguhan Membaca dan Menulis Seorang Riwanto Tirtosudarmo


Oleh: Anggi Afriansyah* Rabu, 15 September 2021 saya menerima pesan dari Pak Riwanto Tirtosudarmo. Dalam pesan itu ia mengirim sebuah buku Berjudul “Mencari