Rabu, 14 April 2021


Jumat, 17 Mei 2019 13:09 WIB

Ini Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Reporter : Igun
Kategori : Berita Agama

Gambar ilustrasi (Istimewa)

Ini Besaran Zakat Fitrah Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kajanglako.com, Tanjabtim – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI), resmi menetapkan besaran Zakat Fitrah tahun 2109 M/1440 H.



Penetapan Zakat Fitrah tahun tersebut, berdasarkan rapat bersama Pemkab Tanjabtim, Kementerian Agama Tanjabtim, MUI, NU, Muhammdiyah, Baznas dan KUA se Kabupaten Tanjabtim serta memperhatikan harga beras di pasaran.

Dari rapat tersebut besaran zakat diputuskan terdapat dua point yakni :

Pertama Zakat Fitrah yang dikeluarkan menurut Imam Syafi'i, Imam Hambali dan Imam Maliki ialah bahan makanan pokok yang dikeluarkan sehari-hari 1 sha' (10 canting/2,75 Kg) dan tidak syah dengan nilai tukar yang lain (uang).

Sementara Zakat Fitrah menurut Imam Hanafi, jika dengan beras, yaitu 3,8 Kg dan boleh dengan nilai tukar uang (qiymah). Harga beras tertinggi sebesar Rp 52.000, sedang Rp 42.000 dan rendah Rp 38.000," kata Ketua MUI Tanjabtim As'ad Arsyad.

"Jadi tinggal kita pilih, biasanya kita mengkomsumi beras yang seperti apa. Jika beras yang kita komsumsi sehari-hari adalah beras dengan kualitas tinggi tentu menggunakan yang paling tinggi pula,” katanya.

Dijelaskannya, penetapan besaran zakat itu setelah melakukan konsultasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanjabtim, serta dari hasil survey harga beras di pasar-pasar di Kabupaten Tanjabtim.

"Dan dalam penetapan ini tentu dilakukan secara bersama-sama antara Pemda, Kemenag dan MUI serta ormas islam yang ada di Tanjabtim,” sebutnya.

Penunaian pembayaran Zakat Fitrah di Kabupaten Tanjabtim, diharapkan agar dilaksanakan melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) setempat.

"Bayar zakat bisa langsung ke masing-masing UPZ setempat.  Mudah-mudahan Allah SWT menerima amal zakat kita bagi yang berzakat," tutupnya. (Kjcom)


Tag : #tanjabtim #zakat fitrah #idul fitri #zakat #baznas



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati