Kamis, 16 September 2021


Jumat, 08 Februari 2019 16:36 WIB

Wisata Merangin Makin Dikenal, tapi Capaian PAD Sektor Pariwisata Paling Rendah

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Ragam Wisata Berita Daerah

Ilustrasi/ foto: ist

Kajanglako.com, Merangin - Objek wisata di Kabupaten Merangin mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, ini juga berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Data Pariwisata Merangin menunjukkan, kunjungan wisatawan ke Merangin tahun 2017 mencapai 110.000 pengunjung dan tahun 2018 lalu kunjungan wisatawan naik hingga 165.000 pengunjung.



Tidak hanya wisatawan lokal, tapi juga banyak wisatawan mancanegara atau turis berkunjung ke Merangin dalam dua tahun terakhir.

Namun ini berbanding terbalik dengan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Tahun 2018 lalu PAD sektor pariwisata hanya terealisasi 34,22 persen.

Dan itu capaian realisasi PAD paling rendah dari 14 OPD yang dibebankan untuk mencari pendapatan untuk daerah tersebut.

Bupati Merangin, Al Haris juga mengakui sektor pariwisata Merangin belum banyak berkontribusi untuk menambah pundi-pundi PAD.

"Saya akui selama ini Merangin jarang mencapai target PAD. Tapi tahun 2018 itu tercapai, tapi ada juga OPD yang masih rendah," kata Al Haris.

"Saya melihat potensi wisata Merangin luar biasa, pengunjungnya banyak tapi kenapa tidak ada retribusinya," katanya lagi.

Terkait itu ke depan sektor pariwisata yang menjadi unggulan Pemkab Merangin lima tahun ke depan akan dibenahi, termasuk melakukan evaluasi terhadap pimpinan OPDnya.

"Inilah yang akan kita benahi. Saya katakan Dinas Parpora termasuk salah satu yang saya evaluasi," kata Al Haris. (kjcom)


Tag : #Wisata Jambi #Wisata Merangin



Berita Terbaru

 

Buku Mencari Indonesia
Kamis, 16 September 2021 14:44 WIB

Mencari Indonesia: Laku Pikir Riwanto Tirtosudarmo "Pasca-Cornell"


Oleh: Gutomo Bayu Aji* Dalam kurun waktu empat belas tahun terakhir, Riwanto Tirtosudarmo setidaknya telah menerbitkan tiga buku yang diberi judul berseri.

 

Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia


  Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita

 

Selasa, 14 September 2021 12:36 WIB

Diduga Buronan Narkoba Hanyut di Sungai Saat Dikejar Petugas


Kajanglako.com, Bungo - Diduga seorang pelaku pengguna Narkoba dikabarkan hanyut di Sungai Batang Tebo, sekira pukul 17:55 WIB. Berusaha selamatkan diri

 

Senin, 13 September 2021 11:33 WIB

Gelapkan Mobil, Warga Desa Dusun Dalam Sarolangun Terancam 4 Tahun Penjara


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Unit Reskrim Polsek Bathin VIII, Polres Sarolangun berhasil mengamankan seorang pelaku AR (36) Tahun Warga Desa

 

Cafe dan Perempuan
Minggu, 12 September 2021 20:54 WIB

Cafe, Gaya Hidup dan Aktualisasi Perempuan


Oleh: Nor Qomariyah* Belakangan ini marak kita jumpai di berbagai tempat, mulai jalanan kecil kompleks perumahan hingga jalan koridor utama, kedai kopi