Kamis, 16 September 2021


Kamis, 03 Januari 2019 15:32 WIB

Ketua DPRD Sesalkan Pilkades Batu Sawar Dua Kali Ditunda

Reporter : Raden Suhur
Kategori : Berita Daerah Batanghari

Ketua DPRD Batanghari M Mahdan/ foto: ist

Kajanglako.com, Batanghari - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara e-Voting untuk tahap dua di Kabupaten Batanghari yang tersebar di tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Mersam, Maro Sebo Ilir dan Maro Sebo Ulu, sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu.
 
Seharusnya, pada Pilkades e-Voting tahap dua ini dilakukan serentak di lima desa. Namun, hanya dilaksanakan pemilihan empat desa. Sementara desa Batu Sawar Kecamatan Maro Sebo Ulu Pilkadesnya tertunda. 
 
Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Batanghari, M Mahdan, mendesak agar pemerintah dapat segera mengatasi permasalahan tersebut. Karena pelaksanaan Pilkades di Desa Batu Sawar tersebut sudah dua kali ditunda. 
 
"Pertama kita menyesalkan akan kejadian ditundanya Pilkades di Desa Batu Sawar tersebut. Kejadian serupa jangan sampai tertunda untuk ketiga kalinya. Pemerintah harus segera menyelesaikan persoalan ini," kata M Mahdan. 
 
Mahdan menuturkan, seleksi calon kepala desa harus dilakukan secara selektif dan bertahap sesuai peraturan yang berlaku. Ia juga menyayangkan keputusan panitia pemungutan suara yang menetapkan calon kepala desa secara akumulasi tidak secara bertahap dan selektif. 
 
"Terlepas siapa calonnya, kalau sesuai dengan syarat dan peraturan yang ditetapkan, calon tersebut harus diluluskan,"tandasnya.
 
Sesuai urutannya, seleksi dilakukan bertahap dan berjenjang, pertama dari basic pendidikan calon. Urutannya jenjang tertinggi diprioritaskan. Kemudian dilakukan penyaringan hingga jenjang terendah. 
 
"Iya, seharusnya mereka (panitia) jangan main eliminasi langsung, masak basic S1 langsung dieliminasi," ungkap Mahdan. 
 
Terpisah, Kabid Pemberdayaan Pemerintah Desa Kabupaten Batanghari Akmaludin mengatakan, pada pemilihan kepala desa secara e-Voting tahap dua kemarin, ada empat desa yang melaksanakannya. 
 
"Empat desa tersebut yakni Desa Tapah Sari, Belanti Jaya, Danau embat dan Desa Kampung Baru," kata Akmal.
 
Lebih lanjut Akmal mengatakan, empat desa yang melaksanakan Pilkades secara e-Voting tersebut tersebar di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Mersam, Maro Sebo Ilir dan Maro Sebo Ulu. 
 
Dijelaskannya pula, pada pelaksanaan Pilkades tahap kedua ini seharusnya dilaksanakan oleh lima desa. Namun satu desa pelaksanaanya ditunda karena sampai saat ini masih terkendala oleh penetapan calon kepala desa. 
 
"Memang satu desa tadi belum bisa dilaksanakan untuk pemilihan, untuk sementara ditunda pelaksanaan Pilkadesnya yakni Desa Batu Sawar yang berada di Kecamatan Maro Sebo Ulu," katanya. (kjcom)


Tag : #Pilkades #Batanghari



Berita Terbaru

 

Buku Mencari Indonesia
Kamis, 16 September 2021 14:44 WIB

Mencari Indonesia: Laku Pikir Riwanto Tirtosudarmo "Pasca-Cornell"


Oleh: Gutomo Bayu Aji* Dalam kurun waktu empat belas tahun terakhir, Riwanto Tirtosudarmo setidaknya telah menerbitkan tiga buku yang diberi judul berseri.

 

Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia


  Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita

 

Selasa, 14 September 2021 12:36 WIB

Diduga Buronan Narkoba Hanyut di Sungai Saat Dikejar Petugas


Kajanglako.com, Bungo - Diduga seorang pelaku pengguna Narkoba dikabarkan hanyut di Sungai Batang Tebo, sekira pukul 17:55 WIB. Berusaha selamatkan diri

 

Senin, 13 September 2021 11:33 WIB

Gelapkan Mobil, Warga Desa Dusun Dalam Sarolangun Terancam 4 Tahun Penjara


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Unit Reskrim Polsek Bathin VIII, Polres Sarolangun berhasil mengamankan seorang pelaku AR (36) Tahun Warga Desa

 

Cafe dan Perempuan
Minggu, 12 September 2021 20:54 WIB

Cafe, Gaya Hidup dan Aktualisasi Perempuan


Oleh: Nor Qomariyah* Belakangan ini marak kita jumpai di berbagai tempat, mulai jalanan kecil kompleks perumahan hingga jalan koridor utama, kedai kopi