Jumat, 24 September 2021


Sabtu, 17 November 2018 21:20 WIB

Pewarna Tekstil Mahal, Pengrajin Batik Siasati dengan Pewarna Alam

Reporter : Redaksi
Kategori : Bisnis UMKM Berita Daerah

Rikzan Pengrajin Batik di Sarolangun menunjukkan hasil olahan batiknya yang menggunakan pewarna alam

Kajanglako.com, Sarolangun - Pengrajin Batik di Sarolangun, sejak melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar amerika, tidak sedikit yang gulung tikar, karena mereka kesulitan membeli bahan-bahan untuk memproduksi batik, yang diimpor dari luar negeri.

Meski begitu tidak semua kehilangan akal, Rikzan salah  satu Pengrajin Batik di Sarolangun dapat mensiasati mahalnya pewarna batik impor, diganti dengan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan.



Rikzan yang memang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam memproduksi batik bernilai jual tinggi, biasanya mengaplikasikan dua pewarnaan dalam olahan batiknya. Yakni pewarna tekstil dan pewarna apam. Namun sejak melemahnya rupiah, bahan baku pewarna tekstil yang  digunakan untuk batik tidak lagi digunakan, sebab tidak sesuai lagi dengan penjualan.

“Saya mensiasatinya dengan pewarna alami yang berasal dari dedaunan yang memiliki getah, seperti daun jambu biji dan kulit jengkol,” katanya.

Pewarna alami yang berasal dari dedaunan terlebih dahulu digiling kasar dengan menggunakan  mesin, setelah itu direbus dengan menggunakan air yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Dari hasil rebusan air tersebut getah dedaunan akan meresap dan daun yang direbus diperas lalu disaring dan dibersihkan.

“Dalam proses pencetakan pewarna asal dari alam, terlebih dahulu direndam dan diratakan dengan menggunakan kapur. Lalu dijemur hingga sembilan kali proses pewarnaan, hingga lebih memiliki corak dan ketajaman warna, agar batik yang dihasilkan dapat memuaskan,” kata Rikzan. (kjcom)


Tag : #Sarolangun #Batik Jambi #Batik



Berita Terbaru

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Rabu, 22 September 2021 18:51 WIB

Pj Sekda Tanam Replanting Sawit Kemitraan


Kajanglako.com, Merangin - Pj Sekda Merangin Fajarman secara simbolis melakukan penanaman perdana program replanting sawit kemitraan strategis Gapoktan,

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin


Kajanglako.com, Sarolangun – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sarolangun terus dilaksanakan. Baik dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri,