Kamis, 16 September 2021


Selasa, 06 November 2018 13:07 WIB

Murady Beri Selamat untuk Kepala Daerah yang Raih Penghargaan Inisiator KLA

Reporter : Redaksi
Kategori : Berita

Murady Darmansyah saat berbincang dengan Cawapres Sandiaga Uno

Kajanglako.com, Jambi – Drs H A Murady Darmansyah memberikan apresiasi kepada sejumlah kepala daerah di Provinsi Jambi yang meraih penghargaan sebagai Inisiator kabupaten/kota menuju kabupaten/kota layak anak (KLA) dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Hal itu dingkapkan, Murady Darmansyah, Selasa (06/11) kepada media ini. Menurut Murady, anak merupakan modal untuk pembangunan dalam segala bidang pada masa yang akan datang.



Untuk itu sebutnya, maju atau tidaknya bangsa pada masa mendatang tergantung kepada bagaimana mendidik, membina dan memberikan penghidupan yang layak kepada anak-anak pada saat ini.

“Anak-anak terbukti mampu membuat perubahan dan menyelesaikan masalah kota secara lebih kreatif, sederhana dan ringkas. Sebagai wujud upaya pemenuhan hak anak, pemerintah harus segera mewujudkan Kota Layak Anak (KLA), dan saya secara pribadi memberikan apresiasi atas hal ini,” ungkapnya.

Dikatakan Politisi Gerindra ini, kabupaten atau kota layak akan menjadi pusat tumbuh kembang anak, yang kebutuhan dan hak anak akan sangat terpenuhi.

“Kabupaten atau kota layak anak diwujudkan dengan pendekatan holistik, integrative dan berkelanjutan. Indikatornya salah satu adalah tersedianya pemenuhan atas hak anak di segala bidang, berperan dan berpartisipasi aktif dalam perencanaan dan pembangunan kota sesuai kemampuan dan kebutuhan anak,” tegasnya.

Selain itu, dijelaskan Murady, kabupaten dan kota layak anak juga wajib memberikan jaminan perlindungan terhadap kemanan dari ancaman kekerasan fisik atau pun nonfisik kepada anak.

“Kabupaten layak anak memberikan teladan warga saat menyeberang dan berjalan dengan aman, bersepeda dan berkendaraan tertib berlalu-lintas, penataan perumahan rakyat dan pedagang kaki lima teratur, pelayanan fasilitas kota, pelayanan kesehatan, pendidikan murah, transportasi bus sekolah gratis, jaminan perlindungan keamanan dari ancaman kekerasan fisik dan nonfisik, ini harus menjadi perhatian serius,” katanya.

“Anak-anak itu punya kepentingan khusus, kepentingan dan perlindungan terhadap anak menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun sarana kota layak anak, Kota perlu dibangun dengan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang ditandai dengan warna cat merah pada permukaan jalan di depan sekolah sebagai wilayah aman bagi siswa, di Jambi itu sudah ada,” katanya lagi.

Mantan Anggota DPR-RI periode 2009-2014 ini menambahkan, bahwa pemerintah harus berupaya semaksimal mungkin agar anak-anak di Provinsi Jambi  mendapatkan haknya, termasuk pendidikan, kesehatan layak dan hak untuk bermain.

"Kita tentu ingin semua anak di Jambi bisa bersekolah tanpa ketakutan bisa membayar atau tidak, tanpa ketakutan nanti bisa melanjutkan apa tidak. Jadi tidak ada lagi anak-anak putus sekolah," ujarnya.

“Jadi, semua pihak harus terlibat untuk ini, termasuk menyediakan fasilitas-fasilitas bermain anak di ruang-ruang terbuka, untuk menjadi tempat pengembangan bakat bagi anak-anak. Sekali lagi, selamat untuk sejumlah kepala daerah yang telah menerima penghargaan dari pemerintah, ” katanya. (*)


Tag : #Murady #Kota Layak Anak



Berita Terbaru

 

Buku Mencari Indonesia
Kamis, 16 September 2021 14:44 WIB

Mencari Indonesia: Laku Pikir Riwanto Tirtosudarmo "Pasca-Cornell"


Oleh: Gutomo Bayu Aji* Dalam kurun waktu empat belas tahun terakhir, Riwanto Tirtosudarmo setidaknya telah menerbitkan tiga buku yang diberi judul berseri.

 

Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia


  Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita

 

Selasa, 14 September 2021 12:36 WIB

Diduga Buronan Narkoba Hanyut di Sungai Saat Dikejar Petugas


Kajanglako.com, Bungo - Diduga seorang pelaku pengguna Narkoba dikabarkan hanyut di Sungai Batang Tebo, sekira pukul 17:55 WIB. Berusaha selamatkan diri

 

Senin, 13 September 2021 11:33 WIB

Gelapkan Mobil, Warga Desa Dusun Dalam Sarolangun Terancam 4 Tahun Penjara


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Unit Reskrim Polsek Bathin VIII, Polres Sarolangun berhasil mengamankan seorang pelaku AR (36) Tahun Warga Desa

 

Cafe dan Perempuan
Minggu, 12 September 2021 20:54 WIB

Cafe, Gaya Hidup dan Aktualisasi Perempuan


Oleh: Nor Qomariyah* Belakangan ini marak kita jumpai di berbagai tempat, mulai jalanan kecil kompleks perumahan hingga jalan koridor utama, kedai kopi