Sabtu, 25 September 2021


Rabu, 24 Oktober 2018 23:33 WIB

Tamuli dan Bajau, Panganan Khas Jangkat Dipamerkan di Festival Kuliner PPSN V

Reporter : Arman Mandaloni
Kategori : Ragam Kuliner

Tamuli dan Bajau, oleh Kontingan Jambi di Festival Kuliner Nusantara PPSN V (Foto:Kajanglako/Arman)

Kajanglako.com, Muaro Jambi – Dibekali bahan mentah seadanya oleh Panitia Pelaksana, Kontingen Daerah Jambi berhasil membuat panganan khas untuk diikut sertakan dalam Festival Kuliner Nusantara, Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) ke V di Bumi Perkemahan Abdurahman Sayuti – Musa Muaro Jambi.

Tamuli dan Bajau, itulah panganan yang berhasil disuguhkan para pramuka santri asal Jambi dalam festival tersebut. Seluruh peserta yakni dari 34 Provinsi se Indonesia, hanya diberi bekal bahan mentah yakni 2 Kg Singkong dan 2 Buah Kelapa Bulat. Dari bahan inilah, setiap kontingen diminta untuk membuat panganan kuliner khas daerah masing-masing, yang nantinya akan dilakukan penilaian lomba.



Tamuli dan Bajau merupakan kuliner khas Provinsi Jambi, tepatnya Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Kedua panganan ini terbuat dari singkong dan kelapa.

Dwi Pangih, Koordinator Kontingen Daerah Jambi mengatakan, Tamuli dan Bajau merupakan kuliner khas Jangkat yang saat ini sudah sangat jarang dibuat oleh masyarakat. Untuk itu ia bersama para santri, sengaja membuat Tamuli dan Bajau, agar dapat dikenal diseluruh nusantara. Saat ini kedua kuliner ini hanya dapat dinikmati saat acara-acara besar, bulan puasa dan nikahan.

Tamuli sendiri merupakan rebusan singkong yang dicampur dengan manin atau gula aren yang belum jadi. Tamuli memiliki rasa yang sangat manis. Sementara Bajau merupakan singkatan dari Bubur Hijau yang terbuat dari singkong dan dicampur dengan santan. Menariknya Bajau ini memiliki tesktur yang kalis layaknya agar-agar.

Selain Jambi, Kontingan dari daerah lain juga membuat panganan khas daerahnya masing-masing. Namun tetap dari bahan singkong dan kelapa. Semoga saja melalui even ini, kuliner Indonesia semakin dikenal dan dapat dinikmati. (Kjcom)


Tag : #PPSN V #Jambi #Muaro Jambi #Pramuka Santri #Santri



Berita Terbaru

 

Paripurna Dewan
Kamis, 23 September 2021 19:14 WIB

Paripurna DPRD: Gubernur Jawab Pandangan Umum Fraksi Terkait APBD Perubahan 2021


Kajanglako.com, Jambi – DPRD Provinsi Jambi kembali menggelar sidang paripurna terkait dengan jawaban Gubernur Jambi Al Haris atas pemandangan umum

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Kamis, 23 September 2021 15:22 WIB

Di Hadapan Mendikbud Ristek, Al Haris Sampaikan Komitmen Kembangkan Candi Muaro Jambi


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan komitmennya terhadap perkembangan candi Muaro Jambi. Menurut Al Haris, pemerintah