Selasa, 13 April 2021


Rabu, 20 September 2017 01:29 WIB

Ajak Masyarakat Nobar Film G-30 S/PKI, Ini Kata Dandim 0419/Tanjab

Reporter : Hidayat Akbar
Kategori : Berita Daerah Tanjabbar

Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letnan Kolonel Arh Hary Sassono Utomo

Kajanglako.com, Tanjab Barat - Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0419/Tanjab akan mengelar Nonton Bareng (Nobar) film Penumpasan G-30S/PKI, di wilayah binaannya di Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur.

Komandan Kodim (Dandim) 0419/Tanjab, Letnan Kolonel Arh Hary Sassono Utomo mengajak kepada seluruh prajurit TNI di makodim hingga tingkat Koramil, bersama masyarakat menghadiri nobar tersebut.



Dalam penyampaiannya, Hary Sassono mengatakan acara nobar film Penumpasan G-30S/PKI tersebut dimulai malam ini (20/09) sampai tanggal 30 September 2017 mendatang.

Dandim 0419 Tanjab menyebutkan, pemutaran film Penumpasan Gerakan-30S/PKI itu dilakukan, untuk menanamkan pendidikan dan pemahaman tentang sejarah bangsa kepada kalangan masyarakat.

“Terutama di kalangan anak-anak generasi penerus bangsa, bahwa pengkhianatan yang dilakukan terhadap bangsa dan negara Indonesia ini adalah Gerakan Partai Komunis Indonesia, atau yang lebih dikenal G30 S/PKI,” katanya.

Nobar film kekejaman yang dilakukan oleh Gerakan Partai Komunis Indonesia atau PKI, lanjut dia, bertujuan agar seluruh Rakyat Indonesia mengetahui sejarah sebenarnya.

“PKI lah yang merongrong Keutuhan NKRI saat itu. Jadi apabila terdapat oknum-oknum yang mencoba memutarbalikkan sejarah tersebut, kita Rakyat Indonesia tidak akan terpengaruh oleh tipu daya mereka," ungkap dia.

Dirinya berharap, nobar yang akan dilaksanakan oleh Makodim dan seluruh jajaran Koramil serta Pos Babinsa nantinya, dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat yang ada di masing-masing wilayah Kodim 0419/Tanjab.

“Khususnya masyarakat dan kalangan anak muda yang ada di Kota Kuala Tungkal dan Kota Muara Sabak,” tambahnya.

Apabila kita telah memahami sejarah tersebut, kata Dandim, maka tidak mudah terkontaminasi maupun terpengaruh dari kelompok-kelompok yang ingin memecah-belah keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).




Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati