Selasa, 13 April 2021


Sabtu, 24 Maret 2018 01:33 WIB

BPNB Kepri Taja Lawatan Sejarah ke Kawasan Benteng Tembesi dan Eks Pertamina Bajubang

Reporter :
Kategori : Zona

Kunjung Peserta Laseda ke Kawasan Eks Pertamina Bajubang

Lawatan Sejarah Daerah (Laseda) Batanghari 2018 dibuka Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepri, Toto Sucipto di Hotel Golden Harvest, Jambi, Selasa (20/3) malam. Laseda mengangkat tema Menggali Potesi Sejarah Kabupateng Batanghari.

Acara pembukaan Laseda 2018 dihadiri sejumlah tamu undangan, seperti Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi, Ramli, Kabid Pembinaan Dasar Dikbud Batanghari, Yanuar, Kasi Sejarah dan Tradisi Dikbud Batanghari, Gustin dan Nukman dari Kantor Bahasa Jambi.



Dalam sambutannya Kepala BPNB Kepri, Toto Sucipto memandang pentingnya acara lawatan sejarah dalam menanamkan kecintaan terhadap sejarah bangsa. “Tahun 2019 informasinya acara lawatan sejarah nasional tak digelar lagi,tapi BPNB Kepri bakal komit buat lawatan sejarah daerah tingkat regional ini. Ke depan kegiatan yang berbau kesejarahan, seperti olimpiade sejarah menarik untuk dibuat,”kata Toto.

Usai acara laseda dilanjutnya dengan penyampaian materi oleh dua narasumber, yakni Toto Sucipto tentang nilai budaya dan pendidikan karakter. Sementara, Kepala BPCB Jambi, Jambi memaparkan makalahnya tentang Peninggalan Cagar Budaya di sepanjang Sungai Batanghari. Hari kedua kegiatan, Rabu (21/3) dilanjutnya tampilan dua pemateri, yakni Peneliti Madya BPNB Kepri, Anastasia Wiwik Swastiwi dan Wiwin Eko Santoso dari Seloko Institute.

Enam finalis lomba karya tulis sejarah lokal yang diundang BPNB Kepri mempresentasikan hasil karya tulisnya, Rabu siang hingga sore. Ada tiga dewan juri, yakni Anastasia Wiwik Swastiwi (BPNB Kepri), Nukman (Kantor Bahasa Jambi) dan Jumardi Putra (Seloko Institute dan Redaktur Budaya portal Kajanglako.com).

Hari ketiga kegiatan, Kamis (22/3) peserta laseda diajak mengunjungi situs sejarah yang ada di Kabupaten Batanghari. Di antaranya kawasan benteng, pasar, bioskop di Tembesi. Dilanjutkan kunjungan ke eks Pertamina Bajubang. Di sana ada bekas peninggalan tambang minyak bumi dari zaman Belanda. Di kawasan ini masih ada rumah, lapangan golf, rumah sakit eks Pertamina yang sudah lama ditutup.

Acara Laseda 2018 BPNB Kepri ini 80 peserta. Enam orang diantaranya finalis lomba karya tulis sejarah lokal beserta guru pendamping. Selebihnya pelajar SMA sederajat dari enam sekolah di Provinsi Jambi.

Kamis malam (22/3), bertempat di Hotel Golden Harvest Jambi, Dewan Juri perlombaan karya tulis sejarah lokal yang ditaja BPNB Kepri di diumumkan. Nukman SS M Hum, salah satu juri, menyampaikan langsung hasil penilaian tiga dewan juri.

Juara I diraih Yovi Selvi, disusul Wensen Jonathan dari SMA Xaverius 1 Jambi dan Muhammad Aditya Refianda diperingkat III. Sementara Harapan I diraih Kiki Resqi Ahmad dari SMA 1 Gantung, Belitung Timur. Harapan II Adelia Putri Sukda dari SMA 1 Muaro Jambi dan harapan III Agnes Angelia dari SMA 1 Singingi.

”Peringkat 1 sampai III akan dibawa dalam Lawatan Sejarah Nasional di Banda Aceh bulan Apri mendatang. Mereka akan bertanding dengan perwakilan 11 BPNB lainnya dari seluruh provinsi se-Indonesia,”kata Dedi Arman, Ketua Panitia Laseda BPNB Kepri 2018 [Dedi Arman/BPNB Kepri).


Tag : #Benteng Muara Tembesi #Eks Pertamina Bajubang #Batanghari #Jambi #Sumatra #BPNB KEPRI



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati