Sabtu, 25 September 2021


Selasa, 08 Agustus 2017 10:41 WIB

Jual Bambu Tiang Bendera, Amsar Kantongi Laba Ratusan Ribu Perhari

Reporter : Die
Kategori : Bisnis Usaha Kreatif

Dari hasil menjual bambu untuk tiang bendera, Amsar warga Kuala Tungkal bisa kantongi keuntungan hingga ratusan ribu rupiah

Kajanglako.com, Tanjung Jabung Barat – Momen peringatan HUT RI ke-72 benar-benar dimamfaatkan sejumlah masyarakat untuk meraih keuntungan dengan berjualan pernak-pernik bendera merah putih, pedagang musiman ini biasanya banyak muncul di sejumlah titik jalan-jalan protokol.

Jika banyak pedagang yang menjual bendera, Amsar justru menjual bambu yang digunakan untuk tiang bendera. Warga Kota Kuala Tungkal ini bisa meraup keuntungan Rp 200 hingga 300 ribu perhari.



Untuk setiap batang bambu yang terjual, dia bisa memperoleh keuntungan 2 sampai 5 ribu rupiah. Dan, dalam sehari Amsar mampu menjual 70 hingga 90 batang yang dibanderol Rp 10 ribu perbatang.

“Yang beli ada orang pemerintahan dan ada juga warga umum. Biasanya kalau orang pemerintahan yang beli, bisa sampai puluhan batang. Nah, kalau beli dalam partai besar, biasanya harganya saya turunkan. Tidak 10 ribu lagi. Tergantung kesepakatanlah,” ujar Amsar.

Ide menjual bambu, tercetus saat dirinya butuh tiang untuk mengibarkan bendera dalam peringatan HUT RI sekitar 4 tahun lalu. Banyak tetangga yang bertanya di beli bambunya. Jauh tidak tempat belinya? Karena mereka juga mau pasang bendera.

“Saya lihat ini sebuah peluang bisnis. Kenapa tidak dilakoni saja. Akhirnya saya coba order pada warga yang tinggal di parit yang punya tanaman bambu. Dan berlanjutlah sampai sekarang ini,” ungkapnya.

Selain dibeli untuk tiang bendera, ada juga warga yang membeli bambu untuk hal lain. Seperti untuk joran mancing ikan gabus dan lain-lain.

“Biasanya, kalau untuk mancing bambu yang dipilih diameternya yang kecil dan lurus,” tukasnya. (die)


Tag : #romi #wirausaha



Berita Terbaru

 

Paripurna Dewan
Kamis, 23 September 2021 19:14 WIB

Paripurna DPRD: Gubernur Jawab Pandangan Umum Fraksi Terkait APBD Perubahan 2021


Kajanglako.com, Jambi – DPRD Provinsi Jambi kembali menggelar sidang paripurna terkait dengan jawaban Gubernur Jambi Al Haris atas pemandangan umum

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Kamis, 23 September 2021 15:22 WIB

Di Hadapan Mendikbud Ristek, Al Haris Sampaikan Komitmen Kembangkan Candi Muaro Jambi


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan komitmennya terhadap perkembangan candi Muaro Jambi. Menurut Al Haris, pemerintah