Sabtu, 16 Oktober 2021


Senin, 06 September 2021 16:03 WIB

Bupati Merangin Mashuri: 2021 Kita Fokus Pencegahan Stunting

Reporter : Riki Saputera
Kategori : Inforial

Kajanglako.com, Merangin - Setelah menjadi yang terbaik untuk penurunan angka stunting di Provinsi Jambi pada 2020, Pemkab Merangin yang kembali ditetapkan menjadi lokasi fokus (lokus) penurunan stunting 2021 akan fokus pada pencegahan.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin H Mashuri usai membuka acara sosialisasi Perbup Merangin nomor 21 tahun 202, tentang peran desa dalam penegahan dan penurunan stunting di Aula Bappeda Merangin, Senin (06/09/2021).



‘’Awalnya angka stunting kita tinggi, makanya 2020 Merangin jadi lokus penurunan stunting. Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua pada 2020 itu, Merangin mampu menurunkan angka stunting 58 persen dan jadi yang terbaik di Jambi,’’ ujar Bupati.

Untuk lokus 2021 lanjut bupati, pencegahan stunting akan digenjot dari tingkat desa, lalu ke tingkat kecamatan, tapi penurunan juga dilakukan. Mashuri yakin ini akan berhasil, mengingat Merangin sebelumnya telah melakukan delapan aksi.

Delapan aksi konvergensi percepatan pencegahan dan menurunan angka stunting secara terintegrasi  dengan lintas sektor itu, baik pemerintah daerah, desa, masyarakat, akademisi, BUMN, perusahaan dan pelaku usaha.‘’Aksi integrasi merupakan instrument dalam bentuk kegiatan yang digunakan untuk meningkatakan pelaksanaan integrasi intervensi gizi dalam pencegahan dan penurunan stunting,’’ jelas Bupati.

Ditegaskan bupati, Pemkab Merangin akan selalu berkomitmen mendukung upaya pencegahan dan menurunan stunting. Ini sejalan dengan misi Kabupaten Merangin,  ‘Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berdaya saing’, program ini terintegrasi.

Untuk menjamin semua itu, sekarang telah ditetapkan  Peraturan Bupati Merangin Nomor 10 tahun 2021, tentang percepatan pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi.

‘’Dengan adanya peraturan bupati ini, saya harapkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait, benar-benar berkomitmen untuk bersama-sama dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Merangin,’’ pinta Bupati.

Sementara itu pada acara sosialisasi Perbup Merangin nomor 21 tahun 202, tentang peran desa dalam penegahan dan penurunan stunting, tampi sebagai narasumber Kepala Bappeda Dr Agus dan Kadis Kesehatan diwakili dr Soni.(Kjcom) 


Tag : #jambi #merangin #stunting #mashuri



Berita Terbaru

 

Jumat, 15 Oktober 2021 23:49 WIB

Ketum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan Masuk Bursa Capres 2024 dari PDI-P


Kajanglako.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, masuk dari 11 nama  Bursa

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:59 WIB

Bupati Merangin Raih Penghargaan APE 2021


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Mashuri meraih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) 2021, Kategori Madya (Pengembang) dari Kementerian

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:52 WIB

Cek Endra: Kesadaran Warga untuk Vaksin Masih Kurang


Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun terbilang sukses dalam menekan angka penyebaran pandemi Covid-19. Saat ini penderita Covid-19 di Sarolangun

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:42 WIB

Pimpin Rakor Forkopimda, Mashuri: Lubuk Bumbun Abrasi Oleh PETI


Kajanglako.com, Merangin - Kondisi Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Margo Tabir yang mengalami abrasi dampak dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI)

 

Rabu, 13 Oktober 2021 15:34 WIB

Longsor, Akses Warga Bathin Pengambang Putus


Kajanglako.com, Sarolangun - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Batang Asai pada Senin malam, memicu longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah