Kamis, 16 September 2021


Rabu, 28 Juli 2021 17:19 WIB

Razia Prokes Pelaku Usaha, Pelanggar Disanksi Denda Hingga Segel

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Sarolangun mulai memberlakukan penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan bagi pelaku usaha di kota Sarolangun. Dalam razia penindakan Rabu (28/07) pagi, terdapat lima pelaku usaha pelanggar protokol kesehatan dikenakan sanksi, sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 70 tahun 2020 tentang disiplin dan penerapan hukum prokes sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sarolangun.

Sanksi diberlakukan berupa denda sebesar Rp 1.000.000, namun bila denda tidak dibayar maka dilakukan penyegelan tempat usaha. Sampai pelaku usaha yang melanggar prokes membayar denda baru segel dibuka kembali.



Penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Sarolangun mulai diberlakukan secara ketat. Razia gabungan tim Satgas Covid-19 melibatkan satpol PP, TNI-Polri, Denpom, BPBD, Bank 9 Jambi serta DPKAD Kabupaten Sarolangun.

Dalam razia Rabu (28/07), tim gabungan menelusuri semua pelaku usaha di komplek pertokoan pasar atas Sarolangun. Sedikitnya terdapat 3 pelaku usaha langsung membayar denda sebesar Rp 1.000.000 juta rupiah dan 2 pelaku usaha lainnya dilakukan penyegelan karena tidak membayar uang denda pelanggar protokol kesehatan. 

"Hari ini kita melakukan penindakan pelanggar prokes bagi pelaku usaha, sedikitnya terdapat 5 toko yang melanggar kita tindak tegas," jelas Riduan, Kasat pol PP Sarolangun.

Dari 5 pelanggar protokol kesehatan 3 di antaranya merupakan konter handphone. Satu konter dilakukan penyegelan, karena tidak mau membayar denda.

"Yang kita segel akan dibuka setelah mereka membayar denda tersebut melalui bank 9 Jambi," jelas Ridwan.

Menurut Riduan, penerapan denda Rp 1.000.000 tersebut sesuai dengan peraturan Bupati no 70 tahun 2020 tentang disiplin dan penerapan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sarolangun.

"Uang denda telah sesuai dengan aturan Bupati nomor 70 tahun 2020," katanya.

Selain itu dijelaskan Riduan, penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan akan diterapkan juga kepada masyarakat biasa. Bagi warga yang tidak menggunakan masker akan dikenakan denda sebesar Rp 50.000.

"Kita akan terapkan juga pada masyarakat yang tidak gunakan masker dengan denda Rp 50.000 dihari berikutnya," sebutnya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Buku Mencari Indonesia
Kamis, 16 September 2021 14:44 WIB

Mencari Indonesia: Laku Pikir Riwanto Tirtosudarmo "Pasca-Cornell"


Oleh: Gutomo Bayu Aji* Dalam kurun waktu empat belas tahun terakhir, Riwanto Tirtosudarmo setidaknya telah menerbitkan tiga buku yang diberi judul berseri.

 

Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia


  Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita

 

Selasa, 14 September 2021 12:36 WIB

Diduga Buronan Narkoba Hanyut di Sungai Saat Dikejar Petugas


Kajanglako.com, Bungo - Diduga seorang pelaku pengguna Narkoba dikabarkan hanyut di Sungai Batang Tebo, sekira pukul 17:55 WIB. Berusaha selamatkan diri

 

Senin, 13 September 2021 11:33 WIB

Gelapkan Mobil, Warga Desa Dusun Dalam Sarolangun Terancam 4 Tahun Penjara


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Unit Reskrim Polsek Bathin VIII, Polres Sarolangun berhasil mengamankan seorang pelaku AR (36) Tahun Warga Desa

 

Cafe dan Perempuan
Minggu, 12 September 2021 20:54 WIB

Cafe, Gaya Hidup dan Aktualisasi Perempuan


Oleh: Nor Qomariyah* Belakangan ini marak kita jumpai di berbagai tempat, mulai jalanan kecil kompleks perumahan hingga jalan koridor utama, kedai kopi