Kamis, 16 September 2021


Selasa, 27 Juli 2021 19:01 WIB

Pj Kades Lidung Minta Inspektorat Audit Keuangan Desa di Akhir Jabatannya

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ICc melaporkan  pejabat kades (Pj) Lidung ke inspektorat, Senin (26/07), terkait adanya dugaan Mark Up anggaran Dana Desa serta dana P2DK yang dikelola Pj Kades pada tahun 2020. Darmawan Ketua LSM ICc meminta inspektorat Sarolangun melakukan audit Dana Desa Desa Lidung pada tahun 2020 lalu.

Menanggapi laporan tersebut, Hairin selaku Pj Kades Lidung Kecamatan Sarolangun, menyayangkan tindakan yang diambil LSM ICc. Hairin menyebut tudingan Darmawan tidak salah alamat.



Menurutnya tindakan pelaporan untuk melakukan audit keuangan Desa Lidung di tahun 2020 tidaklah berdasar, sementara pemberitaan di salah satu media online terkait dirinya dinilai tidak mengedepankan asas praduga tidak bersalah.

Seharusnya kata dia, hak jawab juga diberikan media tersebut, sehingga pemberitaan tidak bersifat sepihak saja.

"Kita sayangkan tindakan pelaporan tersebut tidaklah berdasar, dan tidak berimbang (pemberitaannya), saya punya hak untuk konfrontirnya, sayangnya tidak diberikan," ujar Hairin Pj Kades Lidung, Selasa (27/07).

Persoalan laporan Darmawan ke inspektorat yang meminta untuk melakukan audit keuangan Desa Lidung tahun 2020, dia sebut terlalu berlebihan.

"Ini terlalu berlebihan, tidak perlu dilaporkan, saya sendiri meminta inspektorat melakukan audit keuangan desa lidung di tahun 2020," tegas Hairin.

Selasa (27/07) pagi, Hairin PJ kades Lidung mengantarkan langsung berkas dan surat meminta Inspektorat untuk melakukan audit keuangan Desa Lidung tahun 2020.

"Saya tidak mau di akhir masa jabatan saya sebagai Pj Kades Lidung meninggalkan jejak tidak baik. Saya yang minta untuk inspektorat melakukan audit keuangan desa," katanya.

Hairin menjelaskan, semua penggunaan uang olehnya selaku Pj Kades Lidung sudah dilaporkan ke Inspektorat. "Semua keuangan tidak ada yang saya tutup-tutupi, saya ingin tahu siapa yang bermain api akan panas sendiri nantinya," ujarnya.

"Apabila nanti sudah diaudit, akan jelas siapa yang main-main dengan dana desa. Biarlah pihak  berwenang yang akan memprosesnya," kata Hairin. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Buku Mencari Indonesia
Kamis, 16 September 2021 14:44 WIB

Mencari Indonesia: Laku Pikir Riwanto Tirtosudarmo "Pasca-Cornell"


Oleh: Gutomo Bayu Aji* Dalam kurun waktu empat belas tahun terakhir, Riwanto Tirtosudarmo setidaknya telah menerbitkan tiga buku yang diberi judul berseri.

 

Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia


  Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita

 

Selasa, 14 September 2021 12:36 WIB

Diduga Buronan Narkoba Hanyut di Sungai Saat Dikejar Petugas


Kajanglako.com, Bungo - Diduga seorang pelaku pengguna Narkoba dikabarkan hanyut di Sungai Batang Tebo, sekira pukul 17:55 WIB. Berusaha selamatkan diri

 

Senin, 13 September 2021 11:33 WIB

Gelapkan Mobil, Warga Desa Dusun Dalam Sarolangun Terancam 4 Tahun Penjara


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Unit Reskrim Polsek Bathin VIII, Polres Sarolangun berhasil mengamankan seorang pelaku AR (36) Tahun Warga Desa

 

Cafe dan Perempuan
Minggu, 12 September 2021 20:54 WIB

Cafe, Gaya Hidup dan Aktualisasi Perempuan


Oleh: Nor Qomariyah* Belakangan ini marak kita jumpai di berbagai tempat, mulai jalanan kecil kompleks perumahan hingga jalan koridor utama, kedai kopi