Kamis, 16 September 2021


Jumat, 16 April 2021 15:20 WIB

Berkah Ramadhan, Si EL Lemang Banjir Orderan di Bulan Puasa

Reporter : Riadi
Kategori : Ragam Kuliner Berita Daerah

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Bulan suci Ramadhan membawa keberkahan dan arti tersendiri bagi pembuat lemang yang ada di kota Sarolangun. Betapa tidak, di bulan suci ini pesanan pembuatan lemang mengalami peningkatan drastis, biasanya pembuatan lemang maksimal hanya mencapai 100 batang per hari, namun di bulan Ramadhan  pembuat lemang menerima 300 batang pesanan setiap harinya.

Elvita salah satu pembuat Lemang yang berada di Pasar bawah, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, setiap harinya di bulan Suci Ramadhan tampak ceria dan gembira. Walaupun pandemi Covid-19 belum lenyap dari bumi sepucuk adat serumpun pseko, ia sudah mulai menangguk untung dari usahanya.



Si El Lemang adalah usaha milik ELVita yang menekuni pembuatan lemang sudah bertahun-tahun lamanya. Menurut Elvita, di bulan suci Ramadhan setiap harinya ia  membuat  lemang tidak kurang dari 300 batang, dan dijual habis. Pembelinya tidak hanya warga Sarolangun saja, melainkan juga datang dari luar Kabupaten Sarolangun.

"Alhamdulillah di bulan Ramadhan pembuatan lemang meningkat dari sebelumnya 100 batang perharinya, kini 300 batang setiap hari dijual habis," ujar ElVita.

Masih katan Elvita, "penjualan tidak hanya warga Sarolangun saja, melainkan warga Bungo, Merangin serta kota Jambi."

Elvita mengaku bersyukur karena penjualan lemangnya bertambah di bandingkan dengan hari hari biasa, yang hanya 100 batang maksimal pembuatan Lemang per harinya. Namun kata dia, pembuatan lemang akan lebih meningkat bila musim durian.

"Alhamdulillah ekonomi penjualan lemang meningkat, tidak seperti tahun sebelumnya," ungkap Elvita.

Lemang yang dibuat Produksi El Lemang terdapat dua jenis, yakni lemang biasa dan lemang pisang, dan lemang durian jika musim durian. Harga yang ditawarkan Elvita untuk per batang lemang cukup relatif terjangkau dengan kantong, yakni seharga Rp 20.000.

"Ada dua jenis rasa lemang yang kita buat, biasa dan rasa pisang, namun bila musim durian, penjualan lebih kencang, dan kita jual Rp 20.000 per batangnya," sebut ElVita.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pelanggannya, Elvita mengaku tak kewalahan. Karena, bahan baku untuk pembuatan lemang di Sarolangun masih banyak dan gampang ditemukan, seperti bambu, daun pisang, serta kayu bakar, bahan bahan ini diperolehnya sampai di tempat pembuatan EL Lemang. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Buku Mencari Indonesia
Kamis, 16 September 2021 14:44 WIB

Mencari Indonesia: Laku Pikir Riwanto Tirtosudarmo "Pasca-Cornell"


Oleh: Gutomo Bayu Aji* Dalam kurun waktu empat belas tahun terakhir, Riwanto Tirtosudarmo setidaknya telah menerbitkan tiga buku yang diberi judul berseri.

 

Rabu, 15 September 2021 16:30 WIB

6 Manfaat Bermain Lego Bagi Berbagai Kalangan Usia


  Kajanglako.com - Lego merupakan sebuah game puzzle yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita

 

Selasa, 14 September 2021 12:36 WIB

Diduga Buronan Narkoba Hanyut di Sungai Saat Dikejar Petugas


Kajanglako.com, Bungo - Diduga seorang pelaku pengguna Narkoba dikabarkan hanyut di Sungai Batang Tebo, sekira pukul 17:55 WIB. Berusaha selamatkan diri

 

Senin, 13 September 2021 11:33 WIB

Gelapkan Mobil, Warga Desa Dusun Dalam Sarolangun Terancam 4 Tahun Penjara


Kajanglako.com, Sarolangun - Kepolisian Unit Reskrim Polsek Bathin VIII, Polres Sarolangun berhasil mengamankan seorang pelaku AR (36) Tahun Warga Desa

 

Cafe dan Perempuan
Minggu, 12 September 2021 20:54 WIB

Cafe, Gaya Hidup dan Aktualisasi Perempuan


Oleh: Nor Qomariyah* Belakangan ini marak kita jumpai di berbagai tempat, mulai jalanan kecil kompleks perumahan hingga jalan koridor utama, kedai kopi