Kamis, 13 Mei 2021


Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah Pendidikan

Helmi, Kadisdikbud Kabupaten Sarolangun / Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat, ditiadakan oleh  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Helmi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun menjelaskan, sebagai pengganti kelulusan siswa, Kemendikbud menerapkan asesmen nasional, dalam mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, akan tetapi memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil.



“Tahun ini Ujian Nasional ditiadakan  sebagai penggantinya dengan asesmen nasional. asesmen ini  tetap mengikuti  petunjuk kementrian pendidikan,” jelas Helmi, Kadisdikbud Sarolangun.

Sesuai petunjuk Kemendikbud, pelaksanaan asesmen nasional dilakukan berkisar bulan September 2021 mendatang. Yang akan mengikuti assessment ini dipilih secara acak bagi siswa kelas 4 untuk tingkat SD, kelas 8 untuk tingkat SMP dan kelas 11 untuk tingkat SMA.

“Petunjuk kementrian pendidikan  bulan september mendatang sesuai petunjuk pemerintah pusat, asesmen itu institusi yang akan dinilai, dan tidak semua perwakilan siswa akan mengikutinya,” kata Helmi.

Dalam asesmen ini, eksistensi dan kapasitas lembaga dalam satuan pendidikan yang dapat menentukan kelulusan bagi siswa.

“Nilai kelulusan tidak menjadi tolok ukur  untuk melangkah ke tingkat selanjutnya," tutupnya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Senin, 10 Mei 2021 20:52 WIB

Sambut Kunker Komisi III, Al Haris: Masih Banyak Hal yang Perlu Dibenahi di Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris bersama jajarannya, menyambut kunjungan kerja (Kunker) Komisi III DPRD Provinsi Jambi, yang dipimping

 

Jumat, 07 Mei 2021 20:31 WIB

35,6 Persen Masyarakat Menolak Divaksin, Ini Alasannya


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 18:34 WIB

Survei Puspoll: 49 % Masyarakat Tak Setuju Kebijakan Larangan Mudik Lebaran


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 16:52 WIB

Pemkab Muaro Jambi Kembali Raih WTP, Ini Kata Ketua DPRD Yuli Setia Bhakti


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi, berhasil meraih kembali predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh

 

Rabu, 05 Mei 2021 18:41 WIB

Dua Pejabat Dinkes Reaktif Rapid Antigen, Wabup: Siapa Saja Bisa Terpapar


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sarolangun telah berjumlah 220 orang yang dinyatakan positif. Virus Corona hingga kini masih mengintai