Kamis, 13 Mei 2021


Jumat, 26 Maret 2021 13:04 WIB

Cegah Stunting, Pemkab Merangin Terus Lakukan Berbagai Upaya

Reporter : Riki Saputera
Kategori : Inforial

Kajanglako.com, Merangin - Sejak setahun lalu, Kabupaten Merangin ditetapkan menjadi daerah lokasi fokus penurunan Stunting. Terkait hal tersebut, Pemkab Merangin telah melakukan delapan aksi konvergensi percepatan pencegahan dan penurunan Stunting.

Delapan aksi konvergensi percepatan pencegahan dan penurunan Stunting itu dilakukan secara terintegrasi dengan lintas sektor, baik itu Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, masyarakat, akademisi, BUMN, perusahaan dan pelaku usaha.



‘’Aksi delapan adalah Renview Kinerja tahunan yang dilakukan Pemkab Merangin terhadap kinerja pelaksanaan program dan kegiatan penurunan Stunting selama satu tahun terakhir,’’ujar Bupati melalui Asisten I Setda Merangin H Abd Gani, Jumat (26/3).

Renview Kinerja lanjutnya, dilakukan setelah tahun anggaran berakhir. Idealnya dilakukan pada Januari sampai dengan Februari, sehingga informasi hasil Renview Kinerja dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk proses penyusunan rencanan kegiatan tahun berikutnya.

Renview kinarja dilakukan dengan membandingkan antara rencana dan realisasi program kegiatan dalam hal penyerapan anggaran, capaian output (target kinerja), kerangka waktu penyelesaian dan perumusan tindak lanjut agar target kinerja dapat dicapai pada tahun berikutnya.

‘’Alhamdulillah upaya penurunan Stunting di Kabupaten Merangin, tetap menunjukan hasil yang cukup mengembirakan. Berdasarkan data E-PPBGM per-Agustus 2020 dibandingkan angka 2019, kondisi Stunting di 15 desa lokus 2020 telah mengalami penurunan kasus sebanyak 58,83 persen,’’jelas H Abd Gani.

Selain itu lanjut Asisten I Setda Merangin, pada Agustus 2019 total jumlah balita Stunting di Kabupaten Merangin sebanyak 1.755 jiwa dan pada Agustus 2020 total jumlah balita Stunting adalah 1.096 jiwa.

Dari data itu terang H Abd Gani, terlihat terjadi penurunan sebanyak 659 jiwa pada 2020 atau sama dengan 62,45 persen. Artinya program dan kegiatan intervensi yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir, berpengaruh positif dalam upaya pencegahan dan penurunan Stunting di Kabupaten Merangin.(Kjcom)


Tag : #jambi #stunting #al haris #pemkab merangin #merangin



Berita Terbaru

 

Senin, 10 Mei 2021 20:52 WIB

Sambut Kunker Komisi III, Al Haris: Masih Banyak Hal yang Perlu Dibenahi di Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris bersama jajarannya, menyambut kunjungan kerja (Kunker) Komisi III DPRD Provinsi Jambi, yang dipimping

 

Jumat, 07 Mei 2021 20:31 WIB

35,6 Persen Masyarakat Menolak Divaksin, Ini Alasannya


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 18:34 WIB

Survei Puspoll: 49 % Masyarakat Tak Setuju Kebijakan Larangan Mudik Lebaran


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 16:52 WIB

Pemkab Muaro Jambi Kembali Raih WTP, Ini Kata Ketua DPRD Yuli Setia Bhakti


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi, berhasil meraih kembali predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh

 

Rabu, 05 Mei 2021 18:41 WIB

Dua Pejabat Dinkes Reaktif Rapid Antigen, Wabup: Siapa Saja Bisa Terpapar


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sarolangun telah berjumlah 220 orang yang dinyatakan positif. Virus Corona hingga kini masih mengintai