Selasa, 13 April 2021


Jumat, 25 Desember 2020 05:25 WIB

Tjindakoe dan Pekasie

Reporter :
Kategori : Telusur

Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda)

Yang lebih seru dan fantastis adalah cerita mengenai tjindakoe. Konon ke arah Korintji, terletak negari Banije-Balinka. Negari ini disebut demikian karena di keliling dinding banije, yaitu akar-akar pohon yang melebar dan menyebar di atas tanah. Ada dua dusun di negari itu yang ditinggali oleh oerang tjindakoe. Di dusun yang satu, mereka berwujud manusia atau harimau; di dusun lainnya, tjindakoe itu berwujud manusia atau babi. Tjindakoe yang dapat mengambil wujud babi tidak berbahaya karena mereka tidak memangsa manusia. Tjindakoe babi hanya merusak ladang saja. Raja mereka adalah tjindakoe yang terbelenggu oleh rantai, dari pusarnya ke sebuah batu.



Pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, oerang tjindakoe itu meninggalkan negari mereka dan berkeliaran di hutan dalam bentuk harimau. Mereka mencari mangsa di daerah-daerah yang ditinggali manusia. Oerang tjindakoe itu tidak dapat berenang. Di dekat sungai, mereka mengubah rupa menjadi manusia yang memanggul bawaan di atas kepalanya, tak ubahnya seperti pedagang yang berkeliling dari dusun ke dusun. Lalu, bila bertemu dengan orang berperahu, mereka akan minta tolong diseberangkan. Sesampai di seberang sungai, mereka kembali merupa harimau dan meneruskan perjalanan.

Di dekat dusun, mereka akan merubah wujud lagi menjadi manusia biasa. Yang membedakan tjindakoe dengan manusia biasa adalah ada-tidaknya gumun (filtrum, yaitu parit kecil di bawah hidung). Sesampai di rumah orang, mereka akan memohon untuk menumpang menginap. Di tengah malam, ketika seisi rumah sudah tertidur lelap, mereka akan kembali menjadi harimau, menyerang orang di rumah itu dan memakan jantung mereka. Mereka juga gemar memakan jantung ternak peliharaan orang dusun.

Entah mengapa, untuk raja tjindakoe yang masih saja terbelenggu rantai, mereka membawakan jantung pisang sambil mengatakan bahwa itu adalah jantung manusia.
“Bila jantung manusia rasanya pahit seperti ini, aku tak ingin merantau jauh-jauh,” kata Sang Raja Tjindakoe.

“Untunglah!” kata orang Melayu yang menceritakan tentang tjindakoe kepada van Hasselt. Bila raja itu sempat makan jantung manusia yang sesungguhnya, ia pasti akan merasakan begitu nikmatnya jantung dan akan memberontak melepaskan diri dari rantai yang membelenggunya. Lalu, ia akan mencari permukiman manusia dan membunuh semua orang di sana. Ulama para tjindakoe bernama Siek Koekoei.  Hanya doa-doa yang diarahkan kepada Siek Koekoei itu dapat menghindarkan manusia dari serangan para tjindakoe.

Suatu saat, konon di masa yang sudah lama berlalu, seorang lelaki ditugaskan untuk menjaga keamanan di bawah rumah Sultan. Pada malam hari, ia melihat seekor harimau mengambil ancang-ancang untuk menerkam sapi yang  di bawah rumah itu. Ia meraih ‘toembak baramboei’—tombak Sultan dan menusuk harimau itu. Binatang itu meraung keras lalu lari ke dalam hutan, dengan tombak yang masih tertancap di tubuhnya. Walaupun harimau tadi menghilang, Si Penjaga terus mengejarnya, masuk ke dalam hutan dan lebih jauh lagi.

Akhirnya, ia tiba di negari oerang tjindaku. Di sana, orang tjindakoe di dusun itu meminta bantuannya untuk mengobati salah seorang warga mereka yang terluka di Rantau. Si Panjaga menyanggupi permintaan itu, dengan syarat bahwa ia ditinggalkan berdua saja dengan orang yang terluka itu. Terjadilah. Ia dibawa ke sebuah rumah. Seorang laki-laki mengerang-erang kesakitan. Sebuah tombak tertancap di tubuhnya. Si Penjaga mencabut tombak itu dan ia berhasil pula menyembuhkan luka-luka bekas tombak tadi.

Sebagai tanda terima kasih, kepala adat di dusun itu, Tjindakoe Sati menyatakan bahwa dirinya akan selamanya bebas dari gangguan tjindakoe. Sebuah ‘alemoe’ juga diberikan kepadanya. Benda ini akan melindungi dirinya, keluarganya dan seluruh ternaknya dari serangan tjindakoe. Setelah itu, ia pulang kembali ke dusunnya.

Mahluk halus yang disebut iblis lain lagi. Iblis ikut lahir bersama seorang bayi. Karena itulah bayi yang baru lahir dan ibundanya harus dibersihkan baik-baik. Iblis adalah setan nafsu. Biasanya, bantuannya diminta untuk mencapai niatan buruk (yang muncul karena nafsu tertentu). Ia tinggal di dalam tubuh manusia dan membuat manusia itu melakukan hal-hal buruk. Ia juga menimbulkan penyakit-penyakit seperti kegilaan, cacat mental, kejang-kejang dan ‘si-djoendai’ (apa yang dimaksud dengan ‘si-djoendai’ tidak dijelaskan oleh van Hasselt).

Dengan imbalan uang, seorang dukun (biasanya, perempuan) dapat membantu menghubungi manusia dengan iblis. Ia mengenal tempat-tempat keramat, mata air, pohon atau batu besar, untuk meletakkan sesajen—dupa dan rempah-rempah tertentu-- agar iblis bersedia membantu manusia mencapai keinginannya. Dukun itu juga tahu mantra-mantra yang harus diucapkan sembari meletakkan sesajen tadi.

Setelah meletakkan sesajen dan mengucapkan mantra, orang yang menjadi sasaran akan terkuasai. Sebagai contoh, seorang lelaki yang jatuh cinta pada seorang perempuan dapat memberikan ‘pekasie’ kepadanya (atau sebaliknya). ‘Pekasie’ adalah ramu-ramuan yang hanya dapat dibuat oleh dukun saja. Bila orang (laki-laki atau perempuan) yang menjadi tambatan hati meminum  ramu-ramuan tadi, ia takkan kuasa lagi menolak cinta atau bahkan, ia akan menjadi tergila-gila pada si pemberi ‘pekasie’ itu.

*Pustaka Acuan: Van Hasselt. ‘Volksbeschrijving en Taal,’ dalam Midden-Sumatra: Reizen en Onderzoekingen der Sumatra-Expeditie, 1877-1879 (Prof PJ Veth, ed). Leiden: EJ Brill. 1882 (hal 70).

*Ilustrasi tulisan, Dupa. Sumber: depositphotos.com


Tag : #Telusur #Kerinci #Naskah Klasik Belanda #Sejarah Jambi



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati