Selasa, 13 April 2021


Kamis, 03 Desember 2020 18:27 WIB

Pemerintah Kabupaten Sarolangun Terima 11 Sertifikat Penghargaan WBTB

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan

Foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun mendapatkan 11 Sertifikat Penghargaan Terhadap Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Adat Istiadat Sarolangun.

Penghargaan itu diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kepada pemerintah daerah yang mengusulkan warisan budaya tak benda untuk mendapatkan sertifikasi.



Dengan didapatkannya sertifikasi WBTB ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggarap kebudayaan yang bertujuan untuk melindungi, melestarikan dan menjaga identitas daerah Kabupaten Sarolangun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sarolangun Helmi mengatakan  hingga saat ini pihaknya terus berupaya dalam melestarikan budaya adat istiadat kearifan lokal Sarolangun baik berupa benda maupun tak benda yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Berdasarkan data yang telah dihimpun sejak tahun 2016 hingga tahun 2019, sebanyak 11 WBTB telah mendapatkan sertifikat penghargaan dari Kementerian Kebudayaan.

“Sampai saat ini ada 11 WBTB yang sudah tersertifikasi diberikan penghargaan oleh Kementrian Kebudayaan untuk Kabupaten Sarolangun. Itu merupakan penghargaan kemendikbud kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun,” jelasnya.

Kesebelas WBTB tersebut mulai dari sejumlah tarian, musik, kebiasaan warga Suku Anak Dalam (SAD) atau orang rimbo. Diantaranya  Musik Kromong Mandiangin,  Tari Kain Kromong Mandiangin, Tari Elang Rimbo, Melangon Rimbo, Buah Sebelik Sumpah, Ambung, Ubat Ramuan Orang Rimbo, Hampongan Orang Rimbo, Cawot, Tomboi Ngambek Rapa, dan  Tari Ayam Biring.

“Pertama tahun 2016 kita dapat penghargaan dua WBTB, kedua tahun 2017 ada sebanyak 8 WBTB, dan terakhir kita terima penghargaan ini tahun 2019 kemarin berupa tari ayam Biring,” katanya.

Helmi juga menjelaskan bahwa Warisan Budaya Tak Benda ini merupakan suatu buah seni, budaya atau kebiasaan yang diusulkan ke pemerintah pusat melalui tahapan-tahapan, dalam hal ini diusulkan ke Dispora Provinsi Jambi untuk diteruskan ke Pemerintah Pusat. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati