Minggu, 17 Januari 2021


Kamis, 26 November 2020 12:23 WIB

Prihatin Lihat Warga Angkut Komoditi Gunakan Ponton, Jika Terpilih Al Haris Janji Bangun Jembatan Paseban Pasir Mayang Tebo

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Politik

Foto: Riki

Kajanglako.com, Jambi - Rencana Al Haris calon gubernur Jambi nomor urut 3 ingin melihat kondisi warga Sungai Karang, Pasir Mayang dan Sentano Balai Rajo Kecamatan VII Koto Ilir, Tebo, Rabu (25/11/20) malam terhalang debit air sungai Batanghari yang terus meninggi.

Padahal Al Haris bersama mantan Wakil Bupati Tebo, Hamdi dan rombongan sudah tiba di Desa Paseban siap untuk menyebrang sungai Batanghari menggunakan ponton ke Pasir Mayang.



Karena debit air yang terus meninggi warga setempat menyarankan Al Haris dan rombongan untuk tidak menyeberang. Ponton juga tidak bisa menepi sempurna ke dermaga karena tingginya debit air sungai.

Disini Al Haris menyaksikan aktivitas warga susah payah membawa hasil komaditi sawit menyeberang menggunakan ponton. Calon gubernur yang berpasangan dengan Abdullah Sani ini melihat langsung truck bermuatan sawit harus antrian dan ektra hati-hati turun dari ponton.

Kondisi ini membuat Al Haris prihatin, apa lagi informasi warga ratusan ton hasil panen petani tiap harinya keluar dari seberang sungai Batanghari tersebut baik dari desa  Pasir Mayang, Sungai Karang, Sentano Balai Rajo Kecamatan VII Koto Ilir dan Pemanyungan Kecamatan Sumay.

"Kalau ingin daerah ini lebih maju, disini harus dibangun jembatan," kata Al Haris saat melihat truck bermuatan sawit turun dari ponton.

Apa lagi jalur tersebut tidak hanya menghubungkan sejumlah desa di Kabupaten Tebo, tapi juga langsung terkoneksi ke wilayah Provinsi Riau, sebab sebelah utara kecamatan VII kota berbatasan langsung dengan Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

"Kita melihat kondisi daerah yang ada dipinggir sungai Batanghari ini alat yang mereka pakai untuk menyeberang hanya sebuah ponton, ponton ini pun tidak banyak mengangkut mobil dan hal lainnya. Kalau ingin ekonomi didaerah ini maju maka jawabannya adalah jembatan," ujar Al Haris.

Al Haris mengatakan jika dipercaya masyarkat memimpin Jambi ia akan membangun jembatan dari Paseban ke Pasir Mayang.

"Dalam sehari berapa banyak komaditi yang harus diangkut ke seberang sementara jumlah pontonnya juga terbatas, dermaganya juga ala kadarnya. Ini penting dibangun (Jembatan), kalau kita bangun akan terkoneksi dengan jalan tol trans Sumatera, Betung, Muaro Jambi, terus ke Rengat Riau," sebut Al Haris lagi. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Pandemi Corona
Sabtu, 16 Januari 2021 10:48 WIB

Pemkab Sarolangun Anggarkan Rp 5 Miliar ABPD untuk Penanggulangan Covid-19 Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun tampaknya masih serius menaggulangi penularan wabah virus corona atau Covid-19.

 

Banjir
Sabtu, 16 Januari 2021 10:42 WIB

Air Sungai Meluap, 74 Desa di Sarolangun Terendam Banjir


Kajanglako.com, Sarolangun – Dikelilingi aliran air sungai Limun, Sungai Batang Asai serta Sungai Muara Tembesi, Kabupaten Sarolangun menjadi salah

 

Jumat, 15 Januari 2021 09:57 WIB

Masnah Busro Resmikan Pasar Rakyat Sengeti


Kajanglako.com, Muaro Jambi - Bupati Muaro Jambi Masnah Busro Secara resmi membuka pasar rakyat Sengeti yang baru selesai di bangun oleh pemerintah kabupaten

 

Sosok dan Pemikiran
Jumat, 15 Januari 2021 08:42 WIB

Menengok Masa lalu, Menatap Masa Depan: Hariman Siregar dan Malari


Oleh: Riwanto Tirtosudarmo* Adakah, atau masih mungkinkah, sebuah perubahan besar untuk membentuk sesuatu yang baru bisa terjadi di masa depan? Goenawan

 

PETI
Kamis, 14 Januari 2021 20:04 WIB

Diduga Melakukan PETI, Polres Merangin Amankan Alat Berat dan Tiga Warga Bungo


Kajanglako.com, Merangin - Polres Merangin amankan Eskavator dan tiga warga Bungo karena diduga melakukan kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) diwilayah