Jumat, 24 September 2021


Senin, 17 Agustus 2020 13:36 WIB

Ketua DPR Puan Maharani Kenakan Tekuluk, Ketua BMKJ Jakarta Berikan Apresiasi

Reporter : Jhoni Imron
Kategori : Berita Nasional

Kanan: Ketua BBMKJ Jakarta Muslimin Tanja, Kiri: Ketua DPR RI Puan Maharani / Foto: istimewa

Kajanglako.com, Jakarta - Ada pemandangan menarik dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 hari ini (17/8/20). Saat hadir di Istana Merdeka, Jakarta, Ketua DPR RI Puan Maharani terlihat mengenakan Tekuluk Bai Bai pakaian adat dari Jambi.

Dalam busana adat Jambi yang ia kenakan tersebut, Puan memilih perpaduan warna merah, hitam, dan emas. Penampilan Putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tersebut sontak mengundang perhatian warganet.



Ketua Badan Muasyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta Muslimin Tanja mengapresiasi pilihan Puan mengenakan pakaian adat Jambi dalam acara sakral kenegaraan seperti saat ini. Muslimin berterima kasih karena apa yang dilakukan oleh cucu dari pendiri bangsa Bung Karno tersebut telah mengangkat nama Jambi di mata nasional.

"Kami sebagai warga Jambi tentu sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas perkenan Mbak Puan memakai pakaian adat Jambi," kata Muslimin.

Tekuluk, kata Muslimin, merupakan salah satu warisan tradisi kebudayaan sekaligus bukti sejarah Bangsa Melayu di Jambi. Tekuluk yang berfungsi sebagai penutup kepala bagi kaum wanita ini merupakan pakaian tradisional yang dulu dikenakan dalam keseharian seprti mengurus rumah, ke ladang, kenduri, acara keluarga, dan lain sebagainya.

Diakui Muslimin, memang setiap wilayah di Jambi memiliki model Tekuluk yang berbeda. Dan setiap model Tekuluk juga memiliki makna filosofis dan ada nilai tersendiri.

Muslimin menjelaskan, sebenarnya banyak hal dari Jambi seperti khasanah kebudayaan, adat istiadat dan potensi alam serta wisata yang layak diketahui orang luar Jambi. Dia berharap potensi Jambi ini bisa diangkat dan dilihat oleh publik luas hingga manca negara. (Kjcom)


Tag : #BMKJ #HUT RI #Muslimin #Puan Maharani #DPR RI



Berita Terbaru

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Rabu, 22 September 2021 18:51 WIB

Pj Sekda Tanam Replanting Sawit Kemitraan


Kajanglako.com, Merangin - Pj Sekda Merangin Fajarman secara simbolis melakukan penanaman perdana program replanting sawit kemitraan strategis Gapoktan,

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin


Kajanglako.com, Sarolangun – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sarolangun terus dilaksanakan. Baik dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri,