Jumat, 24 September 2021


Sabtu, 15 Agustus 2020 22:12 WIB

Gelar Pelantikan Pengurus, BMKJ Jakarta Siap Jadi Mitra Kolaboratif Pemerintah

Reporter : Jhoni Imron
Kategori : Berita Nasional

Foto: Istimewa

Kajanglako.com, Jakarta – Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta menggelar Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus BMKJ Jakarta Periode 2020 – 2024, pada Sabtu (15/8/20). Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Binakarna Auditorium, Hotel Bidakara, Jakarta.

Muslimin Tanja, Ketua BMKJ Jakarta Periode 2020 – 2024 mengatakan acara pelantikan ini rencananya akan diselenggarakan sekitar Maret 2020 lalu. Namun karena covid-19, akhirnya disepakati bertepatan jelang 17 Agustus, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.



“Harapannya, selain kita mengambil makna dari musibah global pandemi, tapi juga semacam membatinkan kembali spirit proklamasi. Mudah-mudahan badai corona segera berlalu, lalu kita menggapai kemerdekaan sejati,” ujar Muslimin.

Kepengurusan BMKJ Jakarta yang terbentuk, nantinya kata Muslimin akan berupaya sekuat tenaga mempererat silaturrahmi antar warga Jambi di Jakarta dan sekitarnya, yakni Bogor, Depok, Bekasi. Dan Tangerang.  Selain itu, BMKJ Jakarta periode 2020 – 2024 juga akan berupaya membangkitkan dan meningkatkan solidaritas dan kepedulian sesama dan meningkatkan persatuan warga Jambi di Jakarta.

“Kita berupaya tetap menghidupkan kebudayaan daerah dan adat ke-Jambi-an yang menjunjung tinggi persamaan, keterbukaan, egaliter, memegang teguh agama dan saling menghormati,” ujar Muslimin.

BMKJ Jakarta ke depan kata dia, tentu juga ingin mengambil peran penting dalam kemajuan Provinsi Jambi sebagai kampung halaman keluarga besar BMKJ Jakarta. Memberikan sumbangan pemikiran dan gagasan serta bantuan lainnya yang dianggap mampu dilakukan dan berguna bagi kemajuan Provinsi Jambi.

“Kami sudah berketetapan hati, bahwa BMKJ Jakarta harus pula hadir sebagai mitra kritis kolaboratif Pemerintah Provinsi Jambi,” ujar eks Direktur Charta Politika itu.

“Sebagai organisasi masyarakat di perantauan, tentu BMKJ juga berkeinginan untuk ikut andil serta memberikan dukungan penuh dalam pembangunan Provinsi DKI Jakarta sebagai tempat di mana keluarga besar BMKJ tinggal saat ini. BMKJ Jakarta bersama-sama dengan BMKJ Nasional musti menjadi penghubung antara provinsi Jambi dengan DKI Jakarta dan kita musti memaksimalkan siginifikansi peran dalam membangun daerah yang kita pijaki saat ini,” sambung Muslimin.

Muslimin juga menyampaikan bahwa kepengurusan BMKJ Jakarta yang ia nakhodai saat ini adalah yang ke-14 sejak berdirinya pada September 1973, yang juga menjadi pengurus BMKJ Jakarta pertama sejak terbentuknya BMKJ Nasional pada tahun 2019 lalu di bawah kepemimpinan Ketua Umum Brigjen Pol Drs Syafril Nursal SH  MH.

Disampaikan Muslimin, warga Jambi yang saat ini berada di Jakarta dan sekitarnya, jumlahnya ribuan bahkan mungkin puluhan ribu. Tidak sedikit tokoh-tokoh Jambi di perantauan yang telah memberikan sumbangsih bahkan pada level nasional, menduduki posisi penting di berbagi sektor, baik jabatan di pemerintah, birokrat, cendikiawan, pengusaha, dan lain sebagainya.

“Ke depan kami akan mengupayakan dan meningkatkan database Jambi berbasis web dan teknologi,” ujarnya. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, dalam sambutannya berpesan agar warga Jambi bisa bersama-sama dengan warga lainnya menjaga kehidupan yang kondusif, sehat, tertib dan harmoni di Jakarta.

“Apalagi, dalam kondisi yang masih diselimuti oleh pandemi Covid-19 ini. Tentu memerlukan hadirnya solidartas untuk membantu sesama,” kata Riza.

Pada kesempatan itu, Riza juga mengucapkan selamat kepada Pengurus BMKJ Jakarta periode 2020 – 2024 yang dilantik.

“Pada akhirnya saya mengucapkan selamat kepada para pengurus atas Pengukuhan Pengurus BMKJ Jakarta periode 2020 – 2024. Semoga Pengurus yang baru bisa berkontribusi bagi Provinsi Jambi dan masyarakat Jambi,” kata Riza

Ke depan, Riza berharap, BMKJ bisa meningkatkan kontribusinya, berkolaborasi dengan Pemda DKI Jakarta dan semua warga Jakarta.

“Sekali lagi selamat buat Pengurus BMKJ,” ujar Riza.

Acara pelantikan Pengurus BMKJ Jakarta Periode 2020 – 2024 ini mengangkat tema “Meningkatkan Solidaritas, Kepedulian dan Persatuan Masyarakat Jambi-Jakarta”.

Turut hadir dalam acara ini H Bakri, Ormas Kedaerahan, Tokoh Jambi di Jakarta, serta masyarakat Jambi. Keluarga besar warga Jambi di Jakarta maupun di luar Jakarta, juga menyaksikan siaran langsung acara pelantikan melalui facebook (Facebook Live) di https://www.facebook.com/bmkj.j.9.  (Kjcom)


Tag : #BMKJ #Jakarta #Jambi #Pelantikan



Berita Terbaru

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Rabu, 22 September 2021 18:51 WIB

Pj Sekda Tanam Replanting Sawit Kemitraan


Kajanglako.com, Merangin - Pj Sekda Merangin Fajarman secara simbolis melakukan penanaman perdana program replanting sawit kemitraan strategis Gapoktan,

 

Vaksinasi Covid-19
Rabu, 22 September 2021 13:03 WIB

70 Ribu Warga Sarolangun Telah di Vaksin


Kajanglako.com, Sarolangun – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Kabupaten Sarolangun terus dilaksanakan. Baik dari Pemerintah Daerah, TNI dan Polri,