Sabtu, 25 September 2021


Senin, 13 Juli 2020 23:30 WIB

Terdampak Covid-19, Mahasiswa UNBARI Protes Mahalnya Biaya Kuliah

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Berita Pendidikan

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi  - Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Batanghari (Unbari) Jambi menyampaikan dua permasalahan pokok terkait kampus, kepada pihak Rektorat. Permasalahan tersebut yakni soal Biaya SPP dan Biaya SKS Semester Pendek (SP).

KBM Unbati menyampaikan persoalan itu melalui audiensi dengan pihak Rektorat yang diwakili oleh Wakil Rektor III (Bagian Kemahasiswaan), M Sugihartono di ruang kerjanya, Senin (13/7/20).



Universitas Batanghari merupakan salah satu kampus di Jambi yang terdampak Covid-19, terutama para mahasiswanya. Sehingga KBM memandang SPP di kampus Unbari harus diturunkan karena sangat membebani bagi mahasiswa.

Selanjutnya, terkait biaya SKS yang sebesar Rp 150.000 per 1 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti Semester Pendek (SP) dianggap terlalu tinggi untuk situasi pandemi ini.

"Kami memahami ada beban pihak rektorat dalam menjalankan roda perkuliahan, tapi hal yang sangat penting adalah bagaimana kampus hadir di tengah-tengah keluhan ekonomi orang tua mahasiswa saat ini," kata Presiden Mahasiswa (Presma) Universitas Batanghari, Arby Afrilianif Surahman.

Selain itu, dalam audiensi KBM, Arby menyampaikan opsi untuk pembayaran SPP dengan 3 kali angsuran pembayaran serta pengurangan biaya semester untuk semester depan.

"Ini akan kita dorong terus agar segera terealisasi, selain itu semester pendek yang membebani mahasiswa dengan jumlah yang tak masuk akal Rp 150.000 per SKS akan kita dorong agar menjadi ke angka Rp 40.000 kembali," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MPM Universitas Batanghari, Faisal Saputra mengatakan pihak kampus juga harus hadir di tengah kondisi yang sangat memperhatinkan bagi mahasiswa dan memberi solusi kongkrit untuk meringankan beban SPP di masa pandemi Covid-19.

"Ini terus kita pantau bersama KBM, karena di masa pandemi Covid-19 tidak ada kuliah tatap muka dengan menggunakan fasilitas kampus. Semoga pihak kampus terbuka hati nuraninya," harapnya.

Menanggapi semua itu, Wakil Rektor III Universitas Batanghari Sugihartono mengatakan akan menyampaikan aspirasi dari KBM mengenai SPP dan uang SP untuk dirapatkan kembali di tingkat Pimpinan Universitas.

"Ini akan kita rapatkan bersama Pimpinan Universitas," pungkas Sugihartono. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Paripurna Dewan
Kamis, 23 September 2021 19:14 WIB

Paripurna DPRD: Gubernur Jawab Pandangan Umum Fraksi Terkait APBD Perubahan 2021


Kajanglako.com, Jambi – DPRD Provinsi Jambi kembali menggelar sidang paripurna terkait dengan jawaban Gubernur Jambi Al Haris atas pemandangan umum

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Kamis, 23 September 2021 15:22 WIB

Di Hadapan Mendikbud Ristek, Al Haris Sampaikan Komitmen Kembangkan Candi Muaro Jambi


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan komitmennya terhadap perkembangan candi Muaro Jambi. Menurut Al Haris, pemerintah