Rabu, 14 April 2021


Kamis, 09 Juli 2020 16:18 WIB

Ini Jadwal Verifikasi Faktual yang Wajib Dilakukan Bagi Pelamar PPDB-Online SMA/SMK

Reporter : Juanda Prayetno
Kategori : Berita Pemerintahan Pendidikan

Foto: istimewa

Kajanglako.com, Jambi - Pendaftaran peserta Didik baru (PPDB)-Online Tingkat SMA/SMK se-Provinsi Jambi telah selesai dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang Permendikbud Nomor 44 tahun 2019.

Proses penerimaan PPDB online tersebut dilaksanakan sejak tanggal 29 Juni hingga tanggal 4 Juli 2020 (pendaftaran).



Kemudian pada tanggal 6 Juli 2020 pengumuman kelulusan oiline SMA/ SMK sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melalui Kabid SMA Misrinadi,  mengatakan, proses penerimaan secara online telah dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud dan kita memakai aplikasi dari Telkom. Sedangkan Diknas bertindak sebagai fasilistator dan pengawasan.

"Secara umum proses PPDB-Online telah sukses, namun celotehan dan kita menerima masukan masukan dari semua pihak, karena daya tampung sekolah dalam kota Jambi ini terbatas," kata Misrinadi, Kamis, (9/7/20).

"Artinya lebih dari 6000 siswa lulusan SMP/Mts sederajat tidak bisa masuk ke sekolah SMA/SMK negeri khussnya dikota Jambi," ujarnya.

Misrinadi menghimbau kepada Masyarakat yang anak-anak nya tidak tertampung di sekolah negeri untuk memanfaatkan sekolah swasta. "Secara akreditasi sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri, intinya sekolah itu bukan negeri atau swasta nya yang menentukan kualitas sekolah tetapi akreditasi sekolah," sebutnya.

Untuk sekolah swasta di kota Jambi ini rata-rata akreditasinya A dan malah ada SMA negeri yang akreditasi nya belum ada. "Kayak SMA N 13 kota Jambi  karena masih baru mungkin tahun ini diajukan," kata Misrinadi.

Misrinadi mengimbau kepada masyarakat yang anaknya diterima di sekolah negeri untuk mengikuti jadwal jadwal yang sudah ditentukan. "Tanggal 6 pengumuman kelulusan PPDB online, kemudian tanggal 7 hingga 9 Juli adalah Ferifikasi faktual atau bekas oleh pihak sekolah tempat anak-anak tersebut diterima," katanya.

Verifikasi Faktual tujuannya untuk menghindari adanya manipulasi berkas atau pun membuktikan keabsahan berkas tersebut adalah asli.

"Jika ditemukan dalam verifikasi faktual berkas yang didaftarkan tidak asli maka konsekuensinya adalah siswa tersebut dinyatakan tidak lulus," katanya.

intinya pengumuman kemarin itu bukan pengumuman kelulusan tetapi itu adalah pengumuman kelulusan online.

"Pengumuman secara murni akan diumumkan tanggal 10 Juli hari Jum'at, atau Sabtu besok," katanya. (Kjcom)


Tag : #Jambi #PPDB #Siswa



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati