Selasa, 13 April 2021


Rabu, 17 Juni 2020 10:42 WIB

New Normal, Ujian Semester Tetap Dilaksanakan di Rumah

Reporter : Riadi
Kategori : Berita Daerah Pemerintahan Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun, Helmi / foto: Riadi

Kajanglako.com, Sarolangun - Memasuki tatanan new normal di Kabupaten Sarolangun namun ujian semester dan kenaikan kelas tingkat Sekolah Dasar dan menengah pertama tetap dilaksanakan, namun pelaksanaannya dilakukan di rumah masing-masing siswa. Hal tersebut untuk mengantisipasi berkumpulnya siswa yang berpotensi memudahkan penyebaran Covid-19.

Seluruh siswa mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama SMP), mulai menerima soal ujian semester untuk dikerjakan di rumah masing-masing.



"Penerapan ujian sekolah kita tidak melihat kemampuan siswa di masa era new normal, semua sekolah menerapkan ujian di rumah," jelas Helmi, Kadis Pendidikan Sarolangun.

Helmi menyebutkan jika ujian semester dimulai hari  Senin 15 Juni 2020 sampai dengan 20 Juni 2020 mendatang. Sesuai dengan petunjuk Kemendikbud ujian dilakukan di rumah dan orang tua hanya diminta mengambil soal di sekolah masing-masing.

"Sesuai petunjuk kementerian pendidikan dan kebudayaan siswa ujian dirumah, soal ujian bisa dijemput disekolah atau di antar guru," tambahnya.

Dijelaskannya, seharusnya ujian semester untuk tahun 2020 ini dilakukan secara online. Akan tetapi dikarenakan masih adanya keterbatasan mengenai jaringan internet maka ujian tetap dilaksanakan dengan manual dengan lembaran soal.

"Soal ujian seharusnya diterapkan dengan sistem online, karena kita masih ada jangkauan daerah yang tidak terjangkau jaringan internet,jadi kita terapkan ujian dirumah saja," ujar Helmi.

Terkait sistem, kata Helmi pihak Diknas hanya sekedar memberikan masukan. Namun terkait penerapannya diserahkan sepenuhnya ke kepala sekolah dan majelis guru.

"Sementara Dinas Pendidikan hanya sebatas memberikan masukan kepada sekolah, soal mekanisme pelaksanaan ujian sepenuhnya diserahkan pada sekolah yang bersangkutan langsung," ucapnya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati