Kamis, 13 Mei 2021


Kamis, 11 Juni 2020 11:33 WIB

70 Persen Kebutuhan Ikan di Merangin Dipasok dari Luar

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Bisnis UMKM Berita Daerah

Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Kebutuhan ikan di Merangin ternyata didominasi pasokan dari luar daerah. Hal ini diakui Bupati Merangin, Al Haris, usai menyerahkan 140 ribu benih ikan ke 10 kelompok budidaya ikan, Kamis (11/6/20).

Al Haris mengatakan, Merangin masih menikmati ikan dari luar daerah dan kelompok pembudidaya ikan Merangin baru mampu memenuhi 30 persen kebutuhan pasar.



"Petani Merangin baru bisa mensupport 30 persen pasar, 70 persen masih bergantung dari ikan luar daerah, misalnya dari wilayah Sumbar," ungkapnya.

Al Haris menyebutkan sebenarnya Merangin punya potensi untuk pembudidayaan ikan dan berharap warga melihat peluang tersebut.

"Kita berharap petani kita aktif membudidaya ikan, sebetulnya kita punya potensi untuk mencukupi kebutuhan ikan di Merangin, kita ada lubuk larangan tapi penennya lama, kalau ikan budidaya ini cepat," ujarnya.

Selain itu warga yang punya perkarangan luas atau ada lahan tidur dan ada potensi untuk kolam ikan, itu bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

"Kita mesti begerak dan melihat peluang ini dan tidak banyak lahan tidur untuk dijadikan penunjang ekonomi," sebutnya.

Bupati juga mengakui belum banyak yang dapat dilakukan pemerintah daerah untuk membantu kelompok pembudidaya ikan.

"Terutama untuk pakan, kita baru mampu subsidi sedikit. Ini yang kedepan kita sikapi dengan membuat tempat pembuatan pakan sendiri yang tujuannya agar kebutuhan belanja modal murah," katanya. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Senin, 10 Mei 2021 20:52 WIB

Sambut Kunker Komisi III, Al Haris: Masih Banyak Hal yang Perlu Dibenahi di Provinsi Jambi


Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin, Al Haris bersama jajarannya, menyambut kunjungan kerja (Kunker) Komisi III DPRD Provinsi Jambi, yang dipimping

 

Jumat, 07 Mei 2021 20:31 WIB

35,6 Persen Masyarakat Menolak Divaksin, Ini Alasannya


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 18:34 WIB

Survei Puspoll: 49 % Masyarakat Tak Setuju Kebijakan Larangan Mudik Lebaran


Kajanglako.com, Jakarta - Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei tentang “Pandemi, Mudik, dan Distribusi Ekonomi”, Jumat, (7/5/2021).

 

Jumat, 07 Mei 2021 16:52 WIB

Pemkab Muaro Jambi Kembali Raih WTP, Ini Kata Ketua DPRD Yuli Setia Bhakti


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi, berhasil meraih kembali predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh

 

Rabu, 05 Mei 2021 18:41 WIB

Dua Pejabat Dinkes Reaktif Rapid Antigen, Wabup: Siapa Saja Bisa Terpapar


Kajanglako.com, Sarolangun - Kasus Covid-19 di Kabupaten Sarolangun telah berjumlah 220 orang yang dinyatakan positif. Virus Corona hingga kini masih mengintai