Sabtu, 25 September 2021


Selasa, 07 April 2020 15:00 WIB

Kemenag Merangin Tidak Terima Perdaftaran Akad Nikah Sejak 1 April

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Pemerintahan Agama

Kepala Kantor Kemenag Merangin, Drs. H. Marwan / foto: doc Kjcom

Kajanglako.com, Merangin - Kantor Kemenag Kabupaten Merangin menghentikan sementara pendaftaran atau permohonan pendaftaran akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Marwan, Kepala Kantor Kementerian Agama Merangin mengatakan, penghentian sementara pendaftaran ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat beberapa waktu lalu.



"Per 1 April kita tidak lagi membuka permohonan pendaftaran pernikahan di KUA," ungkap Marwan.

Marwan menyebut pendaftaran akad nikah distop hingga 21 April 2020, namun jika situasi tidak memungkinkan karena corona, tidak menutup kemungkinan penyetopan diperpanjang.

Meski demikian, bagi calon pengantin yang sudah mendaftar di KUA sebelum 1 April lalu, mereka bisa melakukan akad nikah namun hanya dilakukan di kantor KUA saja, tidak dilakukan di rumah.

"Kita menghindari kerumunan keluarga. Kalau di rumah sudah pasti banyak yang hadir dalam pelaksanaan akad nikah tetapi kalau di kantor tamunya terbatas," ujarnya.

"KUA juga bisa membatalkan acara akad nikah apa bila saksi atau pengantin yang hadir tidak mengindahkan SOP, seperti masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tambah Marwan lagi.

Marwan juga menyebutkan, selama isu corona ini merebak, jumlah pengajuan atau permohonan akad nikah turun drastis daripada sebelumnya.

"Yang jelas berkurang, sebab mau nikah tidak bisa resepsi sementara pernikahan ini merupakan acara sakral tentunya keluarga mau mengadakan acara yang besar tapi karena corona ini acara tidak bisa dilakukan. Yang bisa hanya akan nikah itu pun di KUA saja tidak di rumah," terangnya. (Kjcom)


Tag : #Virus #Corona #Merangin



Berita Terbaru

 

Paripurna Dewan
Kamis, 23 September 2021 19:14 WIB

Paripurna DPRD: Gubernur Jawab Pandangan Umum Fraksi Terkait APBD Perubahan 2021


Kajanglako.com, Jambi – DPRD Provinsi Jambi kembali menggelar sidang paripurna terkait dengan jawaban Gubernur Jambi Al Haris atas pemandangan umum

 

Kamis, 23 September 2021 19:00 WIB

Masuki Musin Hujan, Pemkab Sarolangun Siaga Bencana Hidrometrologi


Kajanglako.com, Sarolangun – Memasuki musim hujan tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

 

Vaksinasi Covid-19
Kamis, 23 September 2021 18:49 WIB

Upaya Kegiatan Belajar Tatap Muka, Disdik Sarolangun Ingin Tuntaskan Vaksin Bagi Siswa


Kajanglako, Sarolangun – Dinas Pendidikan Sarolangun ingin menuntaskan pelaksanaan vaksinasi khusunya bagi para siswa. Saat ini beberapa sekolah

 

Kamis, 23 September 2021 17:39 WIB

Pemkab Merangin Raih Anugerah APE 2020 dari Kementerian PPPA RI


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin dibawah kepemimpinan Bupati H Mashuri, meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020, dari

 

Kamis, 23 September 2021 15:22 WIB

Di Hadapan Mendikbud Ristek, Al Haris Sampaikan Komitmen Kembangkan Candi Muaro Jambi


Kajanglako.com, Muaro Jambi – Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan komitmennya terhadap perkembangan candi Muaro Jambi. Menurut Al Haris, pemerintah