Selasa, 13 April 2021


Selasa, 07 April 2020 15:00 WIB

Kemenag Merangin Tidak Terima Perdaftaran Akad Nikah Sejak 1 April

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Pemerintahan Agama

Kepala Kantor Kemenag Merangin, Drs. H. Marwan / foto: doc Kjcom

Kajanglako.com, Merangin - Kantor Kemenag Kabupaten Merangin menghentikan sementara pendaftaran atau permohonan pendaftaran akad nikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Marwan, Kepala Kantor Kementerian Agama Merangin mengatakan, penghentian sementara pendaftaran ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat beberapa waktu lalu.



"Per 1 April kita tidak lagi membuka permohonan pendaftaran pernikahan di KUA," ungkap Marwan.

Marwan menyebut pendaftaran akad nikah distop hingga 21 April 2020, namun jika situasi tidak memungkinkan karena corona, tidak menutup kemungkinan penyetopan diperpanjang.

Meski demikian, bagi calon pengantin yang sudah mendaftar di KUA sebelum 1 April lalu, mereka bisa melakukan akad nikah namun hanya dilakukan di kantor KUA saja, tidak dilakukan di rumah.

"Kita menghindari kerumunan keluarga. Kalau di rumah sudah pasti banyak yang hadir dalam pelaksanaan akad nikah tetapi kalau di kantor tamunya terbatas," ujarnya.

"KUA juga bisa membatalkan acara akad nikah apa bila saksi atau pengantin yang hadir tidak mengindahkan SOP, seperti masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," tambah Marwan lagi.

Marwan juga menyebutkan, selama isu corona ini merebak, jumlah pengajuan atau permohonan akad nikah turun drastis daripada sebelumnya.

"Yang jelas berkurang, sebab mau nikah tidak bisa resepsi sementara pernikahan ini merupakan acara sakral tentunya keluarga mau mengadakan acara yang besar tapi karena corona ini acara tidak bisa dilakukan. Yang bisa hanya akan nikah itu pun di KUA saja tidak di rumah," terangnya. (Kjcom)


Tag : #Virus #Corona #Merangin



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati