Rabu, 14 April 2021


Selasa, 03 Maret 2020 15:45 WIB

Cuppy Roti, Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima

Reporter : Wenny Ira R
Kategori : Ragam Kuliner

Kajanglako.com, Jambi - “Wah seperti roti asal Singapura itu, tapi ini lebih enak,” begitu kata teman saya ketika pertama kali mencicipi Cuppy roti pada suatu sore hari yang panas.

“Gila ya, harganya murah sekali tapi kualitasnya seperti roti mahal di toko roti elit,” teman saya yang lain berpendapat tentang Cuppy roti pada waktu yang sama ketika kita sama-sama berkumpul di sore hari itu.



Ya, Cuppy roti buatan tangan perempuan bernama Novia Anggraini yang sehari-hari berprofesi sebagai guru honorer di sebuah Sekolah Dasar Negeri  (SDN) yang ada di kota Jambi ini, begitu memikat hati. Ketika membelinya, kemudian membuka kotaknya, wangi kopi menyeruak menggoda selera. Tak ada kata selain lezat dan enak ketika mencicipinya. Teksturnya yang padat namun lembut dan tak banyak rasa pengembang,  manis rasa roti dan flanya  pas di lidah.

Satu  Cuppy roti dibanderol seharga empat ribu rupiah. Roti ini tersedia dalam beberapa varian fla seperti coklat dan vanilla dengan topping mocca. Kita bisa memesannya secara online dengan menggunakan jasa kurir online yang ada di kota Jambi , seperti Grab.Namun untuk pemesanan, kita harus memesannya satu hari sebelumnya, sebab Cuppy roti tidak diproduksi secara massal. Novia baru membuatnya jika ada pesanan.

Novia tak menampik jika Cuppy roti memang terinspirasi dari roti waralaba asal Singapura itu. “Awalnya melihat-lihat usaha yang cocok di internet, ya salah satunya terinspirasi dengan roti waralaba asal Singapura,” tuturnya kepada Kajanglako.com. Setahunya belum banyak yang memroduksi roti jenis Cuppy roti yang dijualnya di kota Jambi ini.

Alumni Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Jambi ini, belajar membuat Cuppy roti dari internet. “Ya, saya belajar dari internet dan juga terus mencoba membuatnya. Saya sendiri sudah ada dasar ilmu pembuatan bakery dari SMKN 4 Kota Jambi, di mana saya mengambil jurusan tata boga,” paparnya.

Jadi usaha dibidang boga, bukan hal yang baru bagi Novia yang telah tiga belas tahun mengabdi sebagai guru honorer di salah satu SDN Kota Jambi ini. Dahulu, sebelum menggeluti usaha Cuppy roti, setamat dari SMKN 4 kota Jambi, Novia langsung menggeluti usaha pemesanan kue kering pada saat lebaran tiba. Usaha kue kering ini terus digelutinya hingga kuliah pada tahun 2006 sampai dengan 2011.

Ketika Novia lulus kuliah dan menjadi guru honorer, ia berfikir untuk mengembangkan ilmu tata boga yang dimilikinya dengan pilihan membuat dan menjual Cuppy Roti. “Gaji honorer sering telat menerima setiap bulannya dan tidak mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Saya berfikir untuk mengembangkan ilmu yang saya miliki di bidang tata boga dengan memroduksi Cuppy roti. Menurut saya, usaha roti ini sangat membantu dan banyak peminatnya,” terangnya.

 Nama Cuppy roti sendiri merupakan masukan dari keluarganya yang sangat mendukung usaha Novia membuat dan memasarkan roti ini.“Karena rotinya ada mengandung kopi, kita bedakan tulisannya dengan sebutan yang tidak jauh dari kata kopi,” ungkapnya tentang arti Cuppy sebagai brand roti yang dijualnya ini.

Usaha pembuatan dan penjualan Cuppy roti yang digeluti Novia, kini telah berjalan selama satu tahun. Selain menjualnya secara online, Novia juga berupaya menitipkan Cuppy roti ke beberapa sekolah terdekat.  Selama satu tahun pembuatan dan penjualan Cuppy roti, Novia bertutur bahwa duka yang dialaminya adalah ketika pembuatan roti gagal karena beberapa faktor. Sedangkan sukanya adalah konsumen yang hampir semuanya menyukai rotinya.

“Alhamdulillah, harga kaki lima rasa bintang lima, yang penting usaha lancar, itu prinsipnya,” kata Novia.

Jadi bagaimana, berminat mencicipi Cuppy roti ? silahkan kontak langsung ke nomer 082376685335 – Novia.

(Wenny Ira R)

 

 

 

 


Tag : #jambi #kuliner #roti #kue



Berita Terbaru

 

Sosok dan Pemikiran
Selasa, 13 April 2021 16:09 WIB

Dhakidae, Cendekiawan dan Kekuasaan


Oleh: Fridiyanto* Daniel Dhakidae, seorang begawan ilmu sosial yang mungkin menurut saya tidak terlampau banyak dikenal di kalangan akademisi perguruan

 

Jumat, 09 April 2021 13:10 WIB

Warga SAD Bukit 12 Ikut Berkompetisi di Penerimaan Anggota Polri Tahun 2021


Kajanglako.com, Sarolangun - Satu orang warga Suku Anak Dalam (SAD) di wilayah Sarolangun mendaftarkan diri dalam penerimaan polisi di tahun 2021. Warga

 

Kamis, 08 April 2021 16:54 WIB

UN Ditiadakan, Asesmen Nasional Jadi Penentu Kelulusan Siswa di Sekolah


Kajanglako.com, Sarolangun – Tahun 2021 ini, Ujian Nasional yang biasanya menentukan kelulusan bagi siswa dan siswi baik SD, SMP maupun SMA sederajat,

 

Sejarah Jambi
Kamis, 08 April 2021 13:58 WIB

Cerita dari Daerah Jambi (2)


Oleh: Frieda Amran (Antropolog. Mukim di Belanda) 11. Kemudian diceritakan bahwa pada waktu, Mahmud Mahyuddin sendiri sedang berperang di Jambi. Perang

 

Kamis, 08 April 2021 12:15 WIB

Pemkab Merangin Bolehkan Tarawih dan Sholat Idul Fitri Berjamaah


Kajanglako.com, Merangin - Pemerintah Kabupaten Merangin mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Bupati