Selasa, 01 Desember 2020


Sabtu, 15 Juni 2019 10:46 WIB

Syaikh Abdul Wahid Jambi

Reporter :
Kategori : Jejak

Ilustrasi. Pesantren al-Jauharain di Seberang Kota Jambi. Dok. Widodo

Oleh: Widodo*

Di antara lima ulama Jambi yang mengajar di Mekah, Syaikh Abdul Wahid Jambi adalah tokoh yang paling misterius, dalam arti paling kurang dikenal, paling sedikit terdokumentasikan, dan paling jarang dibicarakan.



Sejauh ini, saya baru menemukan satu referensi otoritatif yang menyebutkan nama Syaikh Abdul Wahid Jambi, yaitu artikel Azyumardi Azra, Ulama Indonesia di Haramayn: Pasang Surut Sebuah Wacana Intelektual-Keagamaan.

Di situ Azra hanya menulis, Syaikh Abdul Wahid termasuk staf pengajar di Madrasah Dar al-'Ulum al-Diniyyah. Tidak ada ulasan tentang riwayat hidup Syaikh Abdul Wahid Jambi.

Sebagaimana telah kita bicarakan pada bagian sebelumnya, Syaikh Utsman Tungkal juga mengajar di madrasah Dar al-'Ulum. Madrasah ini merupakan pecahan dari Madrasah al-Shaulatiyyah. K.H. Hasyim Asy'ari (perintis Nahdhatul Ulama), K.H. Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah), K.H. Muhammad Zainuddin al-Faunani (pendiri Nahdhatul Wathan), dan banyak tokoh ulama Nusantara lain belajar di al-Shaulatiyyah.

Selain Syaikh Abdul Wahid Jambi, Sayyid Muhsin al-Musawa, Syaikh Muhammad Yasin bin Muhammad Isa Padang, staf pengajar periode awal Dar al-‘Ulum adalah Amir Tengku Mukhtar, Zubair Ahmad al-Mandili, Abdur Rasyid al-Falimbani, Ya'qub Firaq, Raden Atmojo, dan Abdul Majid. Sementara itu, di antara lulusan Dar al-'Ulum adalah K.H. Maimun Zubair, Kiai Basyuni (ayah Menteri Agama Maftuh Basyuni), Sayyid Hamid al-Kaff, Tuan Guru H.M. Said Amin, K.H. Muhadjirin Amsar al-Dary, Syaikh Mur'i (rektor Universitas Darul Ulum Yaman), dan Prof. Dr. Sa'id Mamduh.

Sekadar tambahan informasi, rektor pertama Dar al-'Ulum, Sayyid Muhsin adalah putra Sayyid Ali bin Abdurrahman al-Musawa. Tokoh yang disebut terakhir ini tergabung dalam majelis ulama yang membentuk Perukunan Tsamaratul Insan.

Dialah yang meyakinkan penjajah Belanda bahwa tujuan pendirian Tsamaratul Insan tidak bertentangan dengan kepentingan Belanda. Tanpanya, keberadaan Tsamaratul Insan, juga pesantren-pesantren yang dipayungi organisasi ini, boleh jadi tidak direstui oleh Belanda.

*Penulis alumnus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Sempat menempuh studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (tidak selesai). Meminati kajian filsafat, sastra dan sejarah Islam lokal (Jambi).

Catatan:

Tulisan di atas merupakan seri lima ulama Jambi yang pernah mengajar di Mekah. Semuanya termasuk jaringan ulama Nusantara yang cenderung moderat dan neo-sufistik dalam wawasan keagamannya. Mereka adalah Syaikh Abdul Majid Jambi, Syaikh Utsman Tungkal, Guru Hasan bin Anang Yahya, Syaikh Tengku Mahmud Zuhdi al-Fathani, dan Syaikh Abdul Wahid Jambi.


Tag : #Ulama Jambi #Pesantren Jambi #Karya Ulama Jambi #Ulama Jambi dan Jaringan Nusantara



Berita Terbaru

 

Pilgub Jambi 2020
Senin, 30 November 2020 20:39 WIB

Warga Tinghoa Jambi Kompak Dukung Cek Endra-Ratu


Kajanglako.com, Jambi – Dukungan kepada pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut satu, Cek Endra-Ratu Munawaroh terus mengalir

 

Senin, 30 November 2020 20:02 WIB

Bersama Mahrup Ketua DPRD Tanjab Timur, Al Haris Sambangi Warga Mandahara Ulu


Kajanglako.com, Jambi - Usai dari Kecamatan Sadu, Al Haris calon gubernur Jambi nomor urut 3 bersama Mahrup ketua DPRD Tanjung Jabung Timur langsung sambangi

 

Senin, 30 November 2020 19:59 WIB

Bernafas Dibantu Tabung Oksigen, Mashuri Sampaikan KUA dan PPAS 2021


Kajanglako.com, Jambi - Kendati masih dalam kondisi sakit, namun Plt Bupati Merangin H Mashuri tampil pada rapat paripurna DPRD Merangin, yang dipimpin Wakil

 

Minggu, 29 November 2020 22:52 WIB

Nugraha Setiawan: Baru Al Haris Calon Gubernur Mau Nginap di Sadu


Kajanglako.com, Jambi - Kunjungan Al Haris calon gubernur Jambi nomor urut 3 ke Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Minggu (29/11/20) punya

 

Pilgub Jambi 2020
Minggu, 29 November 2020 21:18 WIB

Kerabat Marga Sinaga Provinsi Jambi Nyatakan Sikap Dukung Fachrori-Syafril


Kajanglako.com, Jambi - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi, Fachrori Umar dan Syafril Nursal terus menguat jelang Pilgub Jambi 9 Desember