Sabtu, 19 September 2020


Jumat, 07 Agustus 2020 11:37 WIB

Al Haris Resmikan Wisata Edukasi Benuang

Reporter : Riki Saputra
Kategori : Berita Daerah

Foto: Riki

Kajanglako.com, Merangin - Bupati Merangin Al Haris, meresmikan wisata Edukasi Benuang, Jumat (7/8/20). Peresmian ini dilakukan usai Gerakan Pendidikan Subuh dan Subuh Berjemaah (GPS2B) di Masjid Al Barokah Desa Tanjung Benuang Kecamatan Pamenang Selatan.

Al Haris mengatakan destinasi wisata baru tersebut merupakan karya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibangun dengan dana desa dan dikelola oleh desa.



‘’Saya bangga setiap melihat pembangunan desa yang pro-aktif, mempunyai kemauan  berinvasi dalam membangun desanya. Taman ini bagus, disamping ada nilai wisatanya juga ada adukasi bagi anak-anak sekolah,’’ ujar Bupati.

Anak-anak lanjut Bupati, bisa edukasi cara menanam padi, memelihara ikan dan olahraga renang. Untuk memajukan sebuah taman terang Bupati, memang harus diciptakan sesuatu yang menarik.

Tentunya apa yang diciptakan itu tidak ada di taman-taman  lainnya, sehingga bisa menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke taman tersebut. Apalagi jalan dan infrastruktur desanya juga bagus.

‘’Di taman ini juga bisa dibuat kolam pemancingan yang mantap, lengkap dengan restoran siap sajinya dan aneka permainan autbound yang mampu mendidik anak-anak jadi mendiri,’’ ujar Bupati.

Selain itu bupati menganjurkan di taman itu dibuat Galery yang menjual berbagai kerjinan khas masyarakat setempat, sehingga pengunjung yang balik berwisata dari taman tersebut, bisa membawa oleh-oleh.

‘’Arah kebijakan pembangunan nasional kedepannya adalah pemuluhan ekonomi pasca Covid-19.  Pembukaan taman ini salah satu jawabannya, karena penggunaan dana desa prioritas untuk pemulihan ekonomi masyarakat,’’ sebut Bupati.

Bupati menuturkan jika dikelola dengan baik, BUMDes akan sangat menjanjikan. Sebaiknya kedepan BUMDes dibawah naungan BUMD dan ada kerjasama lintas sektoral antara BUMDes, Bank Jambi dan BUMD.

Dia BUMDes desa-desa lain juga harus bisa menciptakan sesuatu yang bisa menjadi sumber pendapatan desa, sehingga bisa mempunyai nilai plus untuk meningkatakan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Pada kesempatan itu bupati berpesan kepada pengelola taman harus konsisten, ada kontinuitas dalam pengembangan wisata edukasi, sering membuat event-event agar pengunjungnya selalu ramai.

Sementara itu Kepada Desa (Kades) Tanjung Benuang Sadarisman mengatakan, BUMDes Tanjung Benuang berdiri sejak 2011 lalu, bergerak di bidang jasa simpan pinjam, pasar, perdagangan, wisata dan menangani kelompok pertanian dan perikanan.

‘’Taman Edukasi Benuang ini mulai dibangun pada 2019, menggunakan dana desa dengan anggaran Rp 240 juta, pada 2020 ada juga partisipasi dari masyarakat dalam pembangun parit-parkir, turap, jembatan gapura dan musholla,’’ ujar Kades.
T
ujuan pembangunan wisata Edukasi Benuang tersebut lanjut Kades, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, karena wisata sangat mendukung dalam meningkatkan ekonomian kerakyatan.

‘’Harapan kami ke depan Taman Edukasi ini bisa memberikan pendidikan kepada  masyarakat atau anak-anak sekolah. Kedepannya akan disajikan pendidikan untuk bercocok tanam, sawah, ternak ikan dan olahraga berenang,’’ sebut Kades. (Kjcom)




Berita Terbaru

 

Sabtu, 19 September 2020 15:25 WIB

Air Garam Inum Sei Keradak Dipercaya Sembuhkan Penyakit Kulit


Kajanglako.com, Sarolangun - Asam di gunung garam di laut, itulah yang selama ini terdengar di telinga kita. Namun kata-kata tersebut terbantahkan dengan

 

Sabtu, 19 September 2020 10:20 WIB

Mantan Lurah dan Mantan Camat Kota Jambi Kompak Dukung Haris-Sani


Kajanglako.com, Jambi - Calon kuat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Haris-Sani, mendapat dukungan masyarakat. Al Haris yang pernah mejabat sebagai lurah

 

Ulasan Buku
Sabtu, 19 September 2020 08:54 WIB

Kisah Mantan Aktivis Hizbut-Tahrir


Oleh: Suratno Muchoeri* Tahun 2007 Penguin Publisher menerbitkan sebuah buku berjudul "The Islamist: Why I Joined Radical Islam in Britain, What I Saw

 

Sabtu, 19 September 2020 00:41 WIB

Tokoh Jawa Kota Jambi Dukung Haris-Sani


Kajanglako.com, Jambi - Calon kuat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambj, Haris-Sani, bersilaturrahmi dengan  tokoh Jawa Kota Jambi, Jumat (18/9/20) malam. Tampak

 

Sabtu, 19 September 2020 00:35 WIB

Kyai Sepuh Seberang Doakan Haris-Sani Jadi Gubernur


Kajanglako.com, Jambi - Calon kuat Gubernur Jambi, Al Haris, hadir memenuhi undangan tokoh Jambi, Hasip Kalimudin Syam di kediamannya di Telanaipura, Jumat